Mendikbud Setujui Transformasi IAKN Tarutung Menjadi UNTARA

Tarutung – Usulan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi tentang pendirian Universitas Tapanuli Raya (UNTARA) terus bergulir. dan mendapat dukungan banyak pihak. Terkini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyetujui pendirian UNTARA melalui transformasi atau perubahan status Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung.

Beredar di media sosial (medsos), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melalui surat bernomor 16336/MPK.A/HK/2021 tertanggal 10 Maret kepada Sekretaris Kabinet, disebutkan, sehubungan dengan surat Sekretaris Kabinet RI Nomor B.0051/Seskab/ PMK/02/2021 tanggal 19 Februari perihal usul pendirian Universitas Tapanuli Raya,

Disebutkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada prinsipnya mendukung rencana pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya melalui perubahan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya. Dan untuk pelaksanakan proses perubahan, pengusul berkordinasi dengan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Terkait hal itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tapanuli Utara Luhut Aritonang SSos dikonfirmasi wartawan, Jumat(19/3/2021) mengatakan, terkait surat Mendikbud, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara bersama dengan tim ahli dari USU dan Sucofindo melakukan survei kajian analisis kelayakan dan dampak ekonomi pendirian UNTARA diundang untuk melakukan pertemuan dengan Dirjen Pendidikan Tinggi di Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Taput Nikson Nababan telah menyurati Presiden Jokowi tentang usulan pendirian Univeritas Tapanuli Raya. Dalam proposal juga disertakan hasil kajian tim ahli dari USU dan Sucofindo tentang studi kelayakan dan dampak ekonomi pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya.

Penulis: Hengki Tobing

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s