Ketua MPR RI Setuju Pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya

Tarutung – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo setuju berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli Raya.

“Saya setuju dengan pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya. Saya sudah melihat secara langsung potensi Danau Toba. Saya sudah diajak Bupati berkeliling melihat potensi-potensi itu. Pendirian Universitas Negeri di Tapanuli Raya merupakan salah satu solusi untuk kemajuan wisata Danau Toba sebagai destinasi dunia,” kata Bambang Soesatyo saat kunker ke Taput sosialisasi empat pilar MPR RI, di gedung Sopo Partungkoan, Tarutung, Jumat (7/2/2020).

Terkait itu, Ketua MPR mengatakan sudah berdiskusi dan meminta kepada Menteri Agama untuk menggeser status Instititut Agama Kristen Negeri (IAKN) menjadi Universitas Negeri di Tapanuli Raya.

“Saya juga minta agar tokoh-tokoh Batak yang bisa memajukan bangsa ini agar memberikan buah pikirannya. Kita mendorong tokoh Batak untuk membujuk Presiden secepatnya menandatangani pendirian Universitas Negeri itu untuk kemajuan daerah Tapanuli,” pinta Ketua MPR.

Lebih jauh ia mengatakan, potensi yang dimiliki Tapanuli Utara dan daerah lainnya yang ada di lingkar Danau Toba sangat mendukung pendirian Universitas Negeri itu.

“Kebahagian saya akan saya sampaikan kepada rekan-rekan dan keluarga, bahwa ada satu daerah di Sumatera Utara yaitu Tapanuli Utara memiliki potensi yang perlu dikembangkan untuk kemajuan negara ini. Terimah kasih telah diberikan pakaian adat dengan acara adat Batak yang begitu kental. Ini pertama kali, sungguh suatu yang luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi mengatakan, kedatangan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, suatu karunia yang diberikan Tuhan ke Tapanuli Utara secara khusus.

“Bapak Bambang Soesatyo merupakan tokoh penting di NKRI yang dapat merubah kebijakan negara ke arah yang lebih baik. Sudah tiga tokoh negara datang ke Bonapasogit Tapanuli Utara, pertama Menpora, Menteri Sosial dan ketiga Ketua MPR Bambang Soetayo. Dengan kedatangan mereka, harapan kita akan dapat terwujud untuk kemajuan daerah kita. Dan saya telah paparkan kondisi Tapanuli Utara dan Tapanuli Raya secara umum. Apa yang kami rencanakan, tinggal ketokan palu dari atas. Mimpi kami harus bisa menyumbang negara melalui kemajuan pembangunan Tapanuli Raya mandiri,” kata Bupati Taput.

Ketua DPRD Taput Ir Poltak Pakpahan menambahkan, keinginan masyarakat Taput dan masyarakat Tapanuli Raya dapat terwujud dengan berdirinya Universitas Negeri.

“Dengan kedatangan Bapak ketua MPR, semoga menjawab kerinduan masyarakat Taput akan berdirinya Universitas Negeri,” kata Poltak.

Dalam kesempatan itu, tokoh masyarakat Taput memberikan seperangkat pakaian Batak Toba kepada ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

“Dengan pakaian adat ini, bapak Ketua MPR selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, itulah doa kami. Harapan kami, agar bapak Bambang Soesatyo mendukung percepatan berdirinya Universitas Negeri di daerah kami,” kata Ketua LADN Maslan Sinaga. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s