Siswa Yatim Piatu Asal Taput Wakil Sumut di Perlombaan Atletik 02SN di Semarang

Tarutung – Bona Sibarani, siswa SMP Negeri 1 Tarutung, Tapanuli Utara (Taput) menjadi wakil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam mengikuti perlombaan cabang olahraga (Cabor) Atletik di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang akan dilaksanakan di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), mulai pekan depan.

Terpilihnya Bona Sibarani setelah ia menjadi Juara 1 umum pada 3 jenis perlombaan cabor Atletik di O2SN tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Medan, baru-baru ini.

Sebagai bentuk dukungan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Taput melakukan acara pemberangkatan Bona Sibarani dan guru pelatihnya mengikuti perlombaan tingkat nasional tersebut yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Jumat (23/8/2019).

Hadir dalam acara itu dari pihak Dinas Pendidikan Kabid Tendik Jonter Hutapea SPd, Kabid PNFI Tiurma Sinaga SE, Bahal Simanjuntak SPd dan Jannes Hutagalung SPd. Juga Bona Sibarani, Kepsek SMP Negeri 1 Tarutung Drs Bantu Hasugian, guru pelatih Lidiana Aritonang, SPd

Bahal Simanjuntak yang ditugasi mewakili Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taput Drs Indra Simaremare MSi dalam kesempatan itu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Taput mengucapkan selamat dan rasa bangga terhadap prestasi Bona Sibarani yang telah berhasil meraih juara umum cabor atletik pada perlombaan O2SN tingkat Provinsi.

“Prestasi yang diraih Bona Sibarani sejalan dengan program Pemkab Taput dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dan Dinas Pendidikan Taput juga sangat mendukung program baik itu kesiswaan dan guru, bagaimana supaya Visi Pemerintah Kabupaten Taput dibawah kepemimpinan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi ingin menjadikan daerah ini sebagai sumber daya manusia yang berkualitas dapat lebih cepat terwujud,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bahal menjelaskan, keperluan yang dibutuhkan Bona Sibarani dengan pelatih selama mengikuti perlombaan 02SN di Semarang akan difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Taput. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada Bona untuk dapat meraih prestasi yang lebih tinggi di tingkat nasional dan membuat harum nama Taput melalui olahraga.

“Oleh karenanya, kami berharap kepada semua satuan pendidikan mulai dari tingkat paling rendah sampai atas agar dapat berprestasi. Mengikuti prestasi Bona Sibarani mewakili sumut di tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Bona Sibarani, yang merupakan warga Desa Parbubu I, Tarutung itu kepada palapapos.co.id mengatakan rasa bangganya bisa mengikuti perlombaan hingga tingkat nasional. Bona yang sudah menjadi anak yatim piatu setelah terakhir ditinggal ibunya beberapa bulan yang lalu itu, mengatakan, ia menargetkan meraih medali emas di perlombaan atletik O2SN tersebut.

“Dan untuk persiapan, saya terus latihan yang serius agar bisa meraih medali emas dan dapat membanggakan keluarga, SMP 1 Tarutung dan Tapanuli Utara,” katanya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tarutung Bantu Hasugian menambahkan, Bona Sibarani merupakan siswa yang rajin berolahraga dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di sekolah. Ia mengatakan sudah melihat potensi dari diri Bona yang juga selalu dikordinasikan oleh guru olahraga.

“Sejak tahu bahwa Bona ini sudah menjadi anak yatim piatu, saya selalu memberikan dorongan moral. Bahwa tiada yang mustahil. Tuhan akan memberikan ketika sudah berkehendak. Dan hikmah yang bisa dipetik, kalau seseorang bekerja dan berserah pada Tuhan, maka di akan berikan berhasil,” ucapnya.

Lidiana Aritonang, guru pelatih menjelaskan, dalam perlombaan cabor atletik O2SN, Bona mengikuti 3 jenis perlombaan dari Cabor Atletik yakni lari, lompat jauh dan tolak peluru.

“Target kita, mudah-mudahan bisa mendapat juara. Kita meminta dukungan dan doa masyarakat Taput. Sehingga Bona bisa meraih juara dan membuat harum nama Taput dari olahraga,” katanya.

Untuk diketahui, O2SN merupakan perlombaan antar siswa tingkat SD dan SMP dengan 5 Cabor yang diperlombakan yakni Atletik, Renang, Karate, Bulu tangkis dan Pencak Silat. Bona Sibarani menjadi juara 1 Atletik tingkat Kabupaten Taput pada seleksi yang dilakukan di bulan Mei.

Ia kemudian menjadi wakil Taput mengikuti perlombaan 02SN tingkat Provinsi pada tanggal 19 Agustus sampai 22 Agustus di Medan. Dan Bona kembali keluar sebagai juara 1 umum untuk 3 jenis perlombaan cabor atletik yakni lari sprint, lompat jauh dan tolak peluru. (eki)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s