Bank Dunia Biaya Pembangunan Pelebaran Alur

Samosir – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga mendampingi perwakilan Bank Dunia dalam meninjau Lokasi Tano Ponggol di Kelurahan Siogung-Ogung Kecamatan Pangururan belum lama ini.

Peninjauan yang dilakukan Bank Dunia ini terkait Pengerjaan alur Tano Ponggol yang selama ini dibiayai oleh negara melalui Ang­garan Pendapatan Belanja Negara (APBN) kini sudah diambil alih oleh Word Bank (Bank Dunia). “Pengerjaan alur Tano Ponggol yang selama ini dibiayai APBN sudah diambil alih oleh Word Bank. Oleh karena itu, Bank Dunia melaksanakan pe­ninjauan lapangan alur tano pong­gol,” ujarnya.

Diakui Juang, Tano Ponggol me­ru­­pa­kan satu-satunya akses darat me­nuju Pulau Sa­mosir yang berada di tengah Danau Toba, sehingga sektor pariwisata sangat potensial untuk dikembangkan di daerah kawasan Da­nau Toba, apalagi Danau Toba memiliki kein­dahan alam dan ragam budaya yang begitu kaya yang tidak dimiliki banyak negara lain di dunia.

Lebih lanjut, alur Tano Ponggol sepanjang 1,5 Km mempunyai lebar rata-rata 25 meter dalam kondisi dangkal dan dibeberapa bagian me­ngala­mi penyempitan hingga tinggal delapan meter. Proyek pelebaran alur Tano Ponggol dilaksanakan oleh Balai Wilayah Su­ngai (BWS) Sumatera II, Ditjen Sumber Daya Air (SDA) dengan kegiatan utama ada­lah pelebaran dan pendalaman alur sehingga akan dapat dilewati kapal pesiar besar dan mem­perlancar transportasi masyarakat yang sering melewati Tano Ponggol.

“Mari kita mendukung dan ikut serta menyukseskan pekerjaan besar pele­bar­an alur Tano Ponggol ini, apalagi Bank Dunia sudah melakukan penin­jauan ke lapangan,” pungkasnya.

Usai meninjau lokasi, Wakil Bupati didampingi Instansi terkait dan rom­bongan World Bank melaksanakan Rapat di aula hotel JTS Parbaba. Dalam rapat yang dila­kukan bersama dengan perwakilan Peme­rintah Kabupaten Simalungun dan Pemerintah Ka­bu­pa­ten Toba Samosir yang hadir untuk mem­­bahas hal-hal terkait efisiensi Pe­nye­lesaian Tano Ponggol dan isu strategis sekaitan dengan Pembiayaan Pembangunan Danau Toba. (rel/fra)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s