Bandara Sibisa Tobasa Beroperasi Rute-Nias

Balige – Bandara Sibisa yang berada di Desa Par­damean kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Sa­mosir (Tobasa) beroperasi dengan pe­nerbangan perdana pesawat maskapai Alvia Sart rute Sibisa-Gunung Sitoli Nias menjadi pesawat perdana, Jumat (26/4).

Pengoperasian bandara Sibisa ini dihadiri Direktur jenderal Perhubungan darat diwakili Kepala Kantor Otoritas wilayah II Medan Aryadi, GM.Perum LPPNPI Cabang Medan Roland Pangaribuan, Kepala Kantor UPBU Dr. FL Lumban Tobing Tapteng Farel To­bing, Direktur PT. Avia Star Mandiri Jafri Arif, pelaksana Bandara Udara Sibisa Jansen Siragi, para pimpinan Forkopinda Tobasa.

Bupati Tobasa Darwin Siagian menyam­pai­kan dengan keberadaan Bandara Sibisa ini ke depannya bisa menambah taraf hidup masyarakat Tobasa dan diyakininya keha­diran bandara Sibisa ini bisa mendongkrak per­ekomian masyarakat setempat dan men­da­tangkan wisatawan yang berkunjung. “Pem­­kab dan masyarakat harus saling du­kung-mendukung demi kemajuan jangan­lah kita kepentingan sesaat tapi mari kita melihat ke depannya,” kata Bupati.

Diakunya komunitas masyarakat Nias di Tobasa cukup banyak, dan melalui dinas perhubungan supaya mempersiapkan mobil pengangkutan setiap jumat untuk menuju bandara Sibisa ini.

Dirjen Perhubungan Udara yang diwakili Kepala kantor Otoritas wilayah II Medan Aryadi mengatakan penerbangan perintis ini sudah dimulai tapi waktu itu wilayahnya masih terbatas hanya beberapa rute. Di tahun 2019 ini kehadiran penerbangan perintis su­dah menyentuh Bandara Sibisa dalam rang­ka menunjang kemajuan pembangunan di daerah setempat dan kemajuan pengem­ba­ngan Danau Toba.

“Dengan kita harapkan nantinya dengan ada­nya Bandara Sibisa ini sebagai awal pe­nerbangannya bisa menunjang kemajuan da­nau Toba dan ke depannya juga ada pe­ner­bangan reguler yang lain yang bisa melayani rute dari ke Sibisa dengan berbagai tujuan bu­kan hanya ke Gunung Sitoli tapi ke daerah-daerah lain untuk menunjang kemajuan Danau Toba,” jelas Aryadi.

Pelaksana Bandara Sibisa Jansen Saragi, persiapan peryaratan-persyaratan untuk bandara kita penuhi, atensi dari semua pihak betul-betul bagainama penerbangan bisa terlaksana dan berjalan di Bandara Sibisa, yang utama perencanaan pembangunan tahun 2017 ini tidak bisa dibangun apabila lahan belum diserahkan kepada pihak Direktorat Jenderal Perhubungan udara akhirnya dalam tempo tidak terlalu lama selesai dan bersertifikat.

“Ke depan bukan hanya sebatas ini yang kita inginkan, tapi seluruh masyarakat saling dukung-mendukung bagaimana bandara ini berkembang sesuai dengan SOP bandara,” ujarnya.

Tokoh masyarakat Sibisa Pontas Sirait sangat mengapresiasi kebaradaan Bandara Si­bisa ini, inilah yang merupakan waktu ke­majuan daerah kita ini, sangat bersenang hati tapi berharap jangan cuma rute pe­nerbangan Sibisa-Gunung Sitoli dan jangan cuma sekali seminggu dengan berharap tiga kali seminggu supaya lebih nampak ke­majuan daerah itu, sebagai pemilik lahan kami bangga atas berdirinya Bandara Sibisa ini berharap ke depannya supaya lebih ber­kembang lagi. (vit)

Satu pemikiran pada “Bandara Sibisa Tobasa Beroperasi Rute-Nias

  1. Ping-balik: Bandara Sibisa Tobasa Beroperasi Rute-Nias — Borsak Mangatasi Nababan - Toba Connect

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s