Sekitar 300 Kg Bom Itu Dimusnahkan

TAPTENG – Sekitar 300 Kg bom milik terduga teroris Husein alias Abu Hamzah dan istrinya serta jaringannya yang ditemukan Detasemen Khusus Anti Teror di Kota Sibolga akhirnya dimusnakan dengan cara diledakkan oleh Penjinak Bom (Jibom) diwilayah sepi penduduk tepatnya di Rindu Alam, Kelurahan Sibuluan Nauli, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Kamis (14/3/19) pagi.

Sebelum dilakukan disposal oleh Tim Jibom, tanah kosong di Rindu Alam itu telah lubangi dengan mengunakan eskavator untuk tempat ditanamnya bom untuk kemudian diledakkan.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto beserta Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Wakil Walikota Sibolga Ady Polo Sitanggang dan Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul turut menyaksikan pemusnahan bom tersebut.

Saat peledakan bom yang pertama dengan berat kurang dari 3 Kg dengan daya ledak yang mengeluar suara sangat keras, Irjen Pol Agus menuturkan bahwa sesuai informasi yang diterimanya bahwa disvosal selanjutnya perlu dilakukan secara khusus dan di tempat khusus.

“Sekian kecil barang bukti yang tidak dalam tabung kemasan atau kontainer seperti itulah yang rekan-rekan saksikan, tadi atas pertimbangan keamanan dari tim Jibom yang melaksanakan tugas disvosal, dilaporkan apabila dilakukan disvosal terhadap yang kontainer maupun yang tabung gas, dikawatirkan ini membahayakan,”ujar Irjen Pol Agus.

Irjen Pol Agus juga menjelaskan, bahwa informasi penemuan 300 kg bahan bom yang dikeluarkan pihaknya kemarin ternyata setelah dilakukan pemeriksaan dan uji laboratorium lebih lanjut, ternyata 300 kg bahan bom yang ditemukam itu telah merupakan bahan jadi. (dh/nt)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s