Tembok Penahan Bendungan Sipoholon Runtuh

Sipoholon –  Tembok penahan Bendungan Sipoholon di Desa Situmeang Hasundutan, Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yang dibangun tahun 2015-2016 lalu runtuh.

Pantauan wartawan, Sabtu (17/11) tembok penahan dinding bangun runtuh dan berjatuhan ke dasar sungai. Selain itu sebagian dinding tembok berlubang-lubang sehingga mengakibatkan kelongsoran di antara dinding bangunan. Bendungan juga terkesan tidak terurus karena dikelilingi semak belukar.

Kondisi ini mengakibatan pengendali air rusak dan saluran air juga tidak teratur. Kondisi bendungan yang dibangun pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II ini terkesan tidak ada perawatan. Padahal dana yang dikucurkan untuk pembanguan bendungan cukup besar hingga mencapai puluhan miliar.

Menurut informasi warga sekitar, begitu selesai dibangun, bendungan yang didesain panjang 60 meter dan lebar 47 meter dan direncakan akan mampu mengairi air ke areal persawahan 1.650 hektare ini langsung dibiarkan begitu saja. Hal ini menyebabkan kondisi bendungan tidak terawat dan kini banyak mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Taput Anggiat Rajaguguk yang dikonfirmasi, Sabtu (17/11) mengaku pihaknya belum mengetahui kondisi terkini (kerusakan) Bendungan Sipoholon. Hanya dia mengatakan, pihaknya akan sgera melaporkan melaporkan kondisi bendungan kepada pihak BWS.

“Tapi cek dulu, nanti baru kita laporkan ke pihak BWS, agar bisa segera dilakukan perbaikan,” ujar Anggiat saat dihubungi Analisa. (can)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s