Bupati Taput Buka Workshop ‘Program Pengembangan Usaha Pertanian dan Peternakan’.

Bupati: “Perekonomian dapat maju apabila UMKM berkembang.”

Tarutung – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, MSi didampingi Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Osmar Silalahi membuka Workshop dan Pendampingan Teknis Pengembangan Pertanian dan Peternakan, bertempat di Aula Kantor Bupati, Tarutung (Senin, 19/11).

Workshop yang dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut bekerjasama dengan Pemkab Tapanuli Utara yang diikuti oleh beberapa perwakilan petani, pedagang dan pengerajin industri dari 5 Kecamatan serta koordinator Penyuluh Pertanian.

Perluasan akses keuangan pada seluruh lapisan masyarakat industri mikro
Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah.
Mencari terobosan, menggali potensi daerah, optimalisasi pendanaan usaha produktif

“Saya berharap melalui kegiatan ini akan semakin membantu masyarakat dalam pengembangan usahanya terutama dalam bidang pertanian, peternakan dan terutama industri rumah tangga. Pihak Perbankan masih perlu melakukan berbagai upaya dalam peningkatan penyaluran KUR sehingga semakin dapat dinikmati masyarakat,’ ucap Bupati mengawali arahannya.

Bupati juga mengatakan perlunya penyebarluasan menyampaikan informasi program pusat agar dapat dinikmati masyarakat khususnya mengenai KUR serta menjelaskan kendala-kendala terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Perlu dipikirkan bersama suatu regulasi agar prosedur administrasi dan pengaturan tentang jaminan agar masyarakat dan UMKM lebih tertarik meminjam modal usaha dari Program KUR. Perekonomian dapat maju apabila UMKM berkembang,” tambah Bupati.

“Saya juga memerintahkan OPD terkait agar benar-benar mampu menjadi fasilitator dalam Pengembangan UMKM sehingga benar-benar dirasakan masyarakat. Kepada para peserta saya minta untuk mengikuti dengan baik sehingga mampu meningkatkan wawasan, kelak akan merasakan manfaatnya daripada anda sekalian menggunakan dana yang bersumber dari lembaga keuangan yang tidak jelas AD/ART nya,” akhir arahan Bupati.

Selanjutnya, Bupati secara simbolis menyerahkan KUR kepada pelaku usaha kecil.

Dalam sambutan Zulfikar mewakili Pimpinan Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Sumbagut menyampaikan bahwa kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi dari OJK, Bank Mandiri, PT. Pegadaian dan PT. Jasa Asuransi Indonesia. “OJK juga memberikan apresiasi kepada Bapak Bupati Nikson Nababan, dimana Kabupaten Tapanuli Utara merupakan Kabupaten pertama membentuk Tim Gabungan Monitoring dan Evaluasi Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ucap Zulfikar. (Humpro/ramlan nababan)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s