Penerapan UNBK di Taput Belum Maksimal

Tarutung – Penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Tapanuli Utara masih terkendala akibat kurangnya fasilitas server dan jaringan. Akibatnya masih banyak sekolah yang belum mendaftarkan ke Kementrian Pendidikan sebagai peserta UNBK.

“Kurangnya fasilitas pendukung itu menjadi satu alasan bagi Kepala Sekolah (Kepsek) untuk tidak mendaftarkan sekolahnya ikut dalam penerapan UNBK melalui BIO UN salah satu aplikasi milik Kementrian Pendidikan RI ,” ujar Plt Dinas Pendidikan Taput Despin Butarbutar kepada wartawan, Kamis (15/11) di kantornya.

Kata Despin, sampai tahun ajaran 2017/2018 masih 10 sekolah SMPN/swasta yang sudah menerapkan UNBK. Target kita sampai tahun ajaran 2018/2019 harus 30 sekolah.

“Sampai saat ini belum ada yang mendaftar melalui BIO UN. Saya yakin hingga batas pendaftaran 30 November 2018, target untuk 30 sekolah itu tidak akan tercapai,” jelas Despin yang juga menjabat Sekretaris Dinas Pendidikan Taput.

Padahal, penerapan UNBK sejak dini sangat menguntungkan bagi pelajar untuk lebih jauh mengenal perkembangan teknologi. Bukan hanya untuk ujian nasional saja, pengenalan ujian teknologi nantinya membiasakan pelajar untuk lebih mapan untuk mengikuti ujian on line.

Kabid Dikdas Taput Drs Parinton Simanjuntak MM menambahkan, sepuluh sekolah yang mengikuti UNBK tersebut, yakni di Kecamatan Tarutung, SMPN 2, SMPN 3, SMP swasta St. Maria Tarutung dan SMP swasta Philadelpia. Di Kecamatan Siborongborong, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4 dan SMP St Lusia. Di Sipoholon SMP swasta HKBP dan SMPN 1 di Pagaran.

“Dalam penerapan UNBK ini, satu sekolah per kecamatan sebenarnya sudah bisa dilihat dari fasilitas sekolah yang sudah memadai. Tapi, masih ada sekolah yang sudah memadai tidak mau mendafkarkan sekolahnya dalam penerapan UNBK. Salah satu contoh SMPN 1 Tarutung,” terangnya.

Padahal, semakin banyaknya sekolah di satu daerah yang telah menerapkan UNBK, menandakan mutu pendidikan di daerah itu sudah meningkat. (as/osi/nt)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s