Ornamen Gorga Batak dalam Renovasi Rumah KemenPUPR

Muara – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tapanuli Utara menyematkan ornamen ‘gorga batak’ pada sisi bagian depan dari setiap unit rumah yang direnovasi sebagai sasaran program bantuan stimulan perumahan swadaya Kemen PUPR di kawasan wisata Muara, khususnya di Pulau Sibandang.

“Di Kecamatan Muara, khususnya di Pulau Sibandang, setiap bagian depan rumah sasaran disematkan ornamen ‘gorga batak’. Ini merupakan upaya untuk menonjolkan sisi budaya batak,” ungkap Jonner Simanjuntak, Kepala Bidang Pengembangan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Taput, Sabtu (10/11).

Dikatakan, dalam program bantuan stimulan perumahan swadaya Kemen PUPR 2018, sebanyak 215 unit rumah di Kecamatan Muara menjadi sasaran penerima bantuan.

“Nilai bantuan dana stimulan sebesar Rp 15 juta per unit banyak dimanfaatkan sebagai perangsang animo membangun sesuai tujuan program. Sehingga, sebagian rumah sasaran dibangun secara total oleh pemiliknya atas rangsangan dana stimulan,” terangnya.

Dua ratusan unit rumah tersebut tersebar di sejumlah desa, yakni di Desa Silando sejumlah 30 unit, Desa Hutalontung 28 unit, Desa Untemungkur 22 unit, Desa Sitanggor 25 unit, juga sejumlah 20 unit di Desa Silalitoruan.

Sisanya, sebanyak 90 unit rumah lainnya berada  di tiga desa di Pulau Sibandang, dengan jumlah rumah sasaran yang sama, yakni masing-masing 30 unit per desa untuk Desa Sibandang, Papande, dan Sampuran.

“Dalam pengerjaannya yang dilakukan secara swadaya, sejumlah unit rumah yang diperbaiki sudah ada yang rampung, serta sebagian masih sedang dalam pengerjaan,” jelas Jonner.
Pewarta : Rinto Aritonang

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s