Bupati Taput dan Trimedya Panjaitan Isi Sesi Penutup Acara Penyuluhan Hukum

Tarutung – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, MSi bersama Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan SH, MHum hadiri acara Penyuluhan Hukum di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara pada sesi terakhir sebagai narasumber, di Sopo Partukkoan Tarutung, Jumat (09/11).

Dalam paparannya, Trimedya Panjaitan menyampaikan beberapa modus penyelewengan Dana Desa. “Tidak usah takut bekerja, taati aturan dan hukum. Tapi bagi yang melanggar hukum agar diproses secara hukum. Tetap jaga kekondusifan di daerah kita masing masing,” ujar Trimedya mengakhiri.

Selanjutnya Trimedya Panjaitan membuka sesi tanya jawab bagi seluruh peserta.

Sebagai arahan penutup acara penyuluhan hukum, Bupati Taput menyampaikan bahwa apa yang sudah disampaikan seluruh narasumber, baik dari Kejari Taput, Polres Taput, BPKPAD dan diakhiri dengan narasumber dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan sudah sangat banyak. “Saya sangat berharap semua itu bisa bermanfaat bagi seluruh peserta. Kepala Desa semakin baik dan semangat membangun desa. Para Kepala Desa semakin mengutamakan kualitas pendidikan dan juga para Kepala UPT pendidikan dan Kesehatan juga demikian,” ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya Bupati menyampaikan agar semua lini bersatu padu. “Bekerjalah kreatif dan inovatif. Semangat terus membangun daerah kita Tapanuli Utara tercinta ini, ” ujar Bupati mengakhiri seraya menutup acara tersebut.

Pada kesempatan sebelumnya, acara dibuka oleh Inspektur Pemkab Taput Manoras Taraja bersama Ketua DPRD Taput Ir. Poltak Pakpahan, Kajari Taput diwakili Kasi Pidsus Symon Morrys Sihombing SH, Kapolres Taput diwakili Kasat Reskrim AKP Hendro. S dan Kepala BPKPAD James Simanjuntak, dihadiri seluruh Pimpinan OPD Pemkab Taput, seluruh Camat se-Taput, seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua BPD se-Taput, Kepala UPT Pendidikan, Kepala Sekolah SD dan SMP se-Taput,

Selaku narasumber pertama, Symon Morrys Sihombing menyampaikan paparan dengan tema ‘Tindak Pidana Korupsi (effect, culture & Inspiration)’.

“Kejari Taput akan memberikan kenyamanan bagi para Kepala Desa untuk bekerja karena program presiden Jokowi, pembangunan itu diawali dari desa. Saya punya waktu setiap saat untuk konsultasi dari para kepala desa mengenai hukum untuk bisa bekerja lebih nyaman. Pada intinya, cara memerangi korupsi harus berasal dari diri sendiri, ” ujar Symon mengakhiri.

Paparan dilanjutkan Kapolres Taput diwakili Kasat Reskrim Hendro. S mengenai pelaksanaan Dana Desa dengan baik. “Tugas dan tanggung yang bapak/ibu emban sebenarnya sangat berat, tapi tidak perlu takut kalau tidak membuat kesalahan, taat hukum dan tidak menyebabkan kerugian negara. Tujuan utama Polisi bukan untuk memenjarakan tapi agar bapak ibu tidak terlibat masalah hukum. Dana Desa digunakan untuk kemajuan masyarakat desa,” ujar Hendro mengakhiri.

Narasumber selanjutnya oleh Kepala BPKPAD James Simanjuntak dengan paparan mengenai pengelolaan dan penatausahaan Aset Desa. (Humpro/ramlan nababan)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s