Wanita Muda Pengidap HIV/AIDS Meninggal di Tapteng

Tapteng – Setelah kurang lebih sebulan menjalani perawatan, wanita yang divonis dokter menderita HIV atau Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pandan.

Hal itu disampaikan oleh Kadis Sosial Parulian S Panggabean kepada wartawan. Menurutnya, wanita berinisial M (21) yang mengidap HIV tersebut telah meninggal dunia pada Selasa (25/9). “Betul, pasien pengidap HIV berinisial M telah meninggal dunia,” ujarnya.

Ia menuturkan, selama kurang lebih sebulan pihaknya dan Dinas Kesehatan Tapteng telah bekerjasama memberikan upaya maksimal dalam penanganan wanita tersebut di RSUD Pandan, hingga akhirnya meninggal dunia. “Maka dari itu, jasadnya langsung di kebumikan di Desa Sipange, Kecamatan Tukka sore harinya,” katanya.

Dijelaskannya, tindakan dari Pemerintah Tapanuli Tengah terkait penyakit yang diderita M adalah, telah berusaha mengirim M ke panti sosial dan rehabilitasi sosial. Namun prosedur dari rehabilitasi ini terhalang dari keluarga M yang tidak ditemukan.

“Kami sudah koordinasi terhadap panti asuhan dan rehabilitasi, tetapi terhalang dari asal usul dari warga yang direhabilitasi. Panti Asuhan takan menerima pasien tanpa kejelasan,” katanya.

Sebelumnya, diketahui bahwa penderita HIV berinisial M (21) beralamat di Jalan Baru, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) ditemukan saat sedang menjalani perobatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan. Namun karena tidak memiliki keluarga, maka pasien diawasi Dinas Sosial (Dinsos) Tapteng.

“Kita mencoba memfasilitasi agar pasien direhabilitasi di Panti Sosial, yakni Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV Bahagia (PSRSODH Bahagia )Kementerian RI di Kota Medan. Namun, hingga saat ini belum terwujud karena tidak memenuhi kriteria yang dikeluarkan, yaitu si pasien tidak memiliki keluarga/pihak yang dapat dihubungi,” ucap Parulian.

Atas kendala itu sebelumnya, Parulian menjelaskan, pihaknya juga telah berupaya agar dapat menemukan keluarga pasien, namun hingga saat ini belum membuahkan hasil.

“Kita sudah berusaha mencari informasi, tidak ada kerabat pasien di wilayah Kecamatan Pandan dan tidak ada yang bertanggung jawab. Maka sesuai dengan arahan Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani agar pasien tertolong dan diberikan perawatan, maka pada pada Senin tanggal 27 Agustus 2018, atas koordinasi Dinas Kesehatan Tapteng dengan Dinas Sosial Tapteng bersama-sama melakukan kunjungan terhadap pasien maka diambil kesimpulan segala pembiayaan yang keluar selama perobatan di RSUD Pandan ditanggung oleh Dinkes Tapteng dan Dinsos Tapteng,” katanya.

Sebelumnya, Parulian menjelaskan bahwa kronologis ditemukannya pasien tersebut positif terjangkit HIV berdasarkan laporan dari Puskesmas Pandan, Sabtu (4/8) lalu sekira pukul 17.00 WIB.

“Bapak Kepling V Sibuluan Nauli Torong Silitonga melaporkan kepada Bindes Rosmawati Aritonang bahwa ada Pasien (Mrs X) yang dicurigai sakit kronis di daerah Cafe Yohana br Tanjung alias si Unda (pemilik warung, red) yang beralamat di Jalan Baru dekat Masjid Perumahan Matahari, Kelurahan Sibuluan Nauli. Lalu pada Senin tanggal 6 Agustus 2018 Bidan Ros melaporkan kepada petugas Paskesmas Pandan yang bernama Sri Mulyani bahwa ada Mrs X dengan gajala batuk dan setelah disurvei, ternyata pasien tersebut adalah seorang Pekerja Seks Komersial (PSK) dan sudah lama menderita sakit. Wanita itu disebut berasal dari Palembang,” tuturnya.

“Tapi Mrs X tidak mau memberitahukan asal usul selengkapnya dan tidak ada Kartu Identitis (KK dan KTP), kemudian petugas melakukan scrcening test HIV dan test TB dengan membawa Sputum (dahak) ke RSUD Pandan, ternyata hasilnya postif HIV dan TBC Mrs X diberikan obat TBC oleh petugas,” tambahnya. (dh/nt)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s