Kevin/Marcus Rebut Emas ke-24 Indonesia di Asian Games 2018

Palembang – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon meraih medali emas Asian Games 2018 di nomor ganda putra bulutangkis usai mengalahkan rekan senegaranya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 13-21, 21-18, 24-22 di Istora Gelora Bung Karno, Selasa (28/8).

Meski final ganda putra menampilan peserta sesama asal Indonesia, tetapi kedua pasangan tidak ingin kehilangan gengsi untuk menjadi juara di multievent sekelas Asian Games 2018.

Fajar/Rian tampil impresif di gim pertama. Selain memperlihatkan pertahanan yang solid, Fajar/Rian juga agresif dalam menyerang Kevin/Marcus. Fajar/Rian pun menutup gim pertama dengan kemenangan 21-13.

Tetapi di gim kedua Kevin/Marcus bangkit. Meski Fajar/Rian sempat unggul 6-4 di gim kedua, tetapi Kevin/Marcus memberikan perlawanan untuk berbalik unggul 16-13. Tanpa ampun Kevin/Marcus menyudahi gim kedua dengan kemenangan 21-18.

Di gim ketiga Kevin/Marcus bermain lebih taktis. Memancing Fajar/Rian dengan permainan dekat net lalu melancarkan serangan dengan cepat. Permainan Kevin/Marcus yang semacam itu kerap sulit diantisipasi Fajar/Rian. Kevin/Marcus pun sempat mendominasi permainan dan bisa unggul 8-5 di gim ketiga.

Fajar/Rian memberikan perlawanan ketat kepada Kevin/Marcus di final ganda putra Asian Games 2018.Fajar/Rian memberikan perlawanan ketat kepada Kevin/Marcus di final ganda putra Asian Games 2018.

Tetapi setelah interval gim ketiga, Fajar/Rian sempat berbalik unggul 16-11. Hanya saja, dengan pengalamannya Kevin/Marcus memaksa pertandinga dilanjutkan dengan deuce, sebelum menutup laga dengan kemenangan 24-22.

Medali emas Kevin/Marcus ini merupakan yang kedua dari cabor bulutangkis atau yang ke-24 untuk kontingen Indonesia. Sebelumnya, medali emas disumbangkan Jonatan Christie dari nomor tunggal putra usai mengalahkan pebulutangkis Taiwan, Chou Tienchen, 21-18, 20-22, dan 21-15.

Prestasi tertinggi Fajar/Rian adalah medali emas SEA Games 2017 di nomor beregu putra. Sementara Kevin/Marcus merupakan juara dunia 2018 dan juga ganda putra peringkat satu dunia.

Jonatan Christie Raih Emas Lewat Drama 3 Game

Jonatan Christie berhasil menyabet medali emas ke-23 untuk Indonesia di Asian Games 2018. Berduel dengan wakil Taiwan, Chou Tienchen, di Istora Senayan, Selasa 28 Agustus 2018, Jojo menang lewat drama tiga game.
Kejar-kejaran poin tersaji di game pertama. Tapi, Jojo lebih unggul. Hingga akhirnya Jojo menyudahi game pertama dengan skor 21-18.

Memasuki game kedua, duel sengit tersaji. Tienchen sempat mengungguli Jojo di awal game kedua.

Meski demikian, Jojo terus menjaga fokus. Poin demi poin dikumpulkannya. Namun Tienchen mengakhiri interval game kedua dengan skor 11-8. Pertandingan kian sengit, Jojo makin tertinggal dari Tienchen. Jojo tak patah arang, di sempat mengejar poin Tienchen.

Mengejutkan, Jojo mampu menyamakan poin 20-20. Namun sayang, Tienchen menyudahi game kedua dengan skor 22-20. Pertandingan berlanjut ke rubber game. Keduanya kali ini bermain lebih hati-hati. Aksi saling mengejar poin pun masih terjadi.

Jojo berupaya menguasai permainan. Sempat unggul, tapi Tienchen masih berupaya mengejar. Hingga jeda interval game ketiga, Jojo sukses mengungguli Tienchen 11-7. Jojo tancap gas dan menjauhi poin dari Tienchen, permainan apiknya membuat Tienchen semakin sulit.

Tienchen tak mau menyerah, dia bekerja keras mengejar poin Jojo. Pundi-pundi poin terus ditambah atlet 20 tahun itu. Hingga akhirnya, Jojo menyudahi duel dengan skor 21-15.

Hingga kemarin sore, Indonesia di Asian Games 2018 menjadi 24 emas, 18 perak, dan 28 perunggu. Sampai berita ini dibuat, untuk sementara posisi Indonesia mantap di peringkat keempat unggul enam medali emas atas Iran. (cnn/int/nt)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s