Taput Raih Penghargaan, Bebas Pasung bagi Penderita Gangguan Jiwa

Kadis Kesehatan dr Janri Nababan foto bersama Gubernur Sumut HT Erry Nuradi usai menerima penghargaan di Medan.

Tarutung – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs Nikson Nababan MSi dalam mewujudkan impiannya menjadikan Tapanuli Utara menjadi sebuah Kabupaten mandiri melalui lika-liku yang harus dilalui.

Dalam perjalanan dari desa ke desa, Nikson Nababan mengunjungi dan menyapa masyarakat serta berbagi untuk mengetahui apa masalah dan kendala yang dihadapi. Setiap keluhan dan masalah langsung ditanggapi dan dicari solusinya.

Demikian halnya ketika Nikson Nababan menemukan masih banyaknya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dimana pasien ODGJ di Kabupaten Taput pada tahun 2017 sebanyak 315 orang.

Hal itu dikatakan Kadis Kesehatan Taput dr Janri Nababan MM, Jumat (27/4/18). Hingga tahun 2018 telah ada pasien ODGJ yang dipasung sebanyak 25 orang dan telah dibebas pasung dari 2017-2018 sebanyak 16 orang.

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi membuat inovasi rumah singgah di Kecamatan Pangaribuan dalam rangka Deklarasi Bebas Pasung. Rumah sehat jiwa ini sebagai rumah rawat inap bagi pasien ODGJ yang dibebas pasungkan dan diberikan fasilitas berupa monitoring kesehatan oleh Dokter Spesialis Jiwa, pemberian obat teratur oleh petugas medis dan pembinaan rohani oleh tokoh agama.

Inovasi Bupati Taput Nikson Nababan mendapat penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi, MSi sebagai sebuah inovasi pelayanan Publik dalam rangka Hari Otonomi Daerah XXII di Medan Sumatera Utara pada tanggal 25 April 2018 yang diterima oleh Kadis Kesehatan dr. Janri Nababan. (as/nt)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s