Pembagian Minyak Goreng Termasuk Money Politic

Tim salah satu paslon Bupati-Wakil Bupati Taput bagi sembako

Tarutung  – Pembagian bahan pokok seperti minyak goreng kepada masyarakat oleh pasangan calon kepala daerah, tim dan relawan pada tahapan Pemilihan Kepala Daerah( Pilkada) dilarang oleh aturan tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Dalam aturan tersebut hal itu termasuk bagian dari pemberian money politic.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan dalam acara pembekalan anti korupsi dari KPK dan Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) bagi para calon Gubernur-Wakil Gubenur dan Calon Bupati-Wakil Bupati se-Sumut.

Acara yang dilaksanakan di kantor Gubernur Sumut baru ini di Medan dihadiri Mendagri Tjahyo Kumolo, Pimpinan KPK Saut Situmorang, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida Rasahan dan seluruh paslon Kepala Daerah se-Sumut yang ikut bertarung di Pilkada serentak 2018 ini.

“Dalam Peraturan KPU nomor 4 ada bahkan kampanye yang dapat diberikan oleh paslon dan tim kepada masyarakat. Diantaranya, pakaian, penutup kepala, tempat minum, payung dan bahan kampanye lainnya. Harga barang tersebut tidak boleh melewati Rp25 ribu.Tapi jangan disamakan dengan minyak goreng karena harganya Rp25 ribu. Karena pemberian minyak goreng merupakan bagian dari money politic,” katanya.

Syafrida mengatakan, dalam undang-undang pemilihan gubernur, bupati, walikota sudah jelas disebutkan bahwa paslon,tim,dan masyarakat dilarang melakukan pemberian money politic. Pihak pemberi dan penerima money politik, jelasnya, dapat dipidana penjara paling sedikit 3 tahun dan paling lama 6 tahun. Juga didenda paling sedikit Rp200 juta dan paling besar Rp1 miliar.

“Oleh Karena itu kami himbau sekali agar kita semua mengkampanyekan anti money politik,” katanya.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, tim salah satu paslon Bupati-Wakil Bupati Taput dilapor ke Panwaslih Taput tentang pembagian sembako berupa minyak goreng kemasan bermerek fortune, gula dan susu kental cap nona kepada masyarakat pada saat kampanye paslon tersebut di Kompleks Stadion, Jalan TD Pardede, Tarutung, Sabtu (14/4/18) lalu. (as/osi/nt)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s