Nikson Nababan : Tingkatkan Harapan Hidup Lansia

TAPANULI UTARA – Untuk meningkatkan program harapan hidup bagi kaum Lanjut Usia (Lansia) di Kabupaten Tapanuli Utara, sejak dilantik tahun 2014 Bupati Drs Nikson Nababan MSi selalu mengucurkan anggaran dari APBD.

Total anggaran yang telah digelontorkan sejak tahun 2014 dan direncanakan akan berlanjut tahun ini mencapai miliaran rupiah dengan jumlah lansia yang sudah mengikuti kegiatan bina lansia mencapai 17.285 ribu jiwa.

Salah seorang lansia yang ikut dan merasakan program lansia, Tohap Simare mare mengakui telah merasakannya dan belum pernah ada program seperti ini sebelumnya.

”Kami merasa diperhatikan Bupati Nikson Nababan, pemberian multivitamin, makanan tambahan, senam Lansia membuat umur kami panjang,” kata penduduk Pea Tolong Desa Parbaju Toruan, Kamis (8/3).

Tohap yang pernah menerima bantuan training sangat bangga ketika memakainya. “Ibu Satika Nikson Nababan yang lansung memberikan ke saya, kami tidak perduli darimana programnya. Yang kami tahu, belum pernah sebelumnya kami diperhatikan seperti ini,” ungkapnya.

Rosida Panggabean, salah seorang Lansia dari Desa Lumban Siagian Julu mengatakan bahwa belum pernah ada program bina lansia.

“Setiap minggu kami dilatih senam, pemeriksaan kesehatan seperti kolesterol, asam urat dan gula darah. Bidan desa sangat aktif membina kami, terima kasih Bupati Nikson Nababan. Kami sangat mendukung bupatiini untuk dua periode. Karena bila amang tidak menang maka program seperti ini tidak akan berlanjut,” katanya.

Senada diungkapkan Kalarance Simamora, lansia dari Desa Hutatinggi mengakui sangat senang dengan adanya senam lansia. “Kami dapat bertukar pikiran dan saling bercerita sesama Lansia, belum lagi pengobatan gratis, pemberian makanan tambahan. Ini sudah kami rasakan, terima kasih Amang Nikson Nababan,” katanya.

Kadis Kesehatan dr Janri Nababan MM membenarkan program Bina Lansia yang dilaksanakan mulai tahun 2014 merupakan usul Bupati Nikson Nababan. “Memang semua program di dinas kesehatan mengacu ke Permenkes, tapi masing-masing daerah berkreasi dan menitikberatkan programnya kemana,” katanya.

Kalau untuk Taput difokuskan bina lansia. “Awalnya tahun 2014, atas kebijakan Bupati Nikson kelompok lansia sudah dibentuk di semua Puskesmas, bahkan dananya telah dikucurkan untuk mendukung pemberian multivitamin ke 701 Lansia,“ ungkapnya.

Kemudian dibentuk Posyandu Lansia dengan kegiatan senam lansia sekali seminggu, pembuatan sabun cair bekerjasama dengan PKK Kabupaten dipimpin Satika Nikson Nababan.

Tahun 2015, Bupati Nikson kembali mengucurkan anggaran APBD pemberian multivitamin ke 742 yang dananya mencapai Rp 72.500.000, dan tetap melanjutkan senam lansia serta pembuatan sabun cair.

Tahun 2016 dikucurkan dana melalui APBD berupa multivitamin ke 1.720 jiwa lansia serta susu ke 660 jiwa yang total anggaran mencapai Rp 73.927.900, selain tetap melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian multivitamin.

“Bahkan dana BOK ( bantuan operasional kesehatan ) sekitar 10 persen itu diperuntukkan untuk bina lansia. Ketua PKK Taput juga membantu kaum Lansia dengan pemberian susu Entrasol, Dancow, baju training, “ ungkapnya.

Untuk tahun 2017 anggaran dinaikkan bahkan sasarannya ditambah ke 1.940 lansia dengan jumlah dana Rp 35.000.000, pemberian kaos ke 400 jiwa yang jumlah dananya mencapai Rp 75.000.000. “Di Taput pernah melakukan gebyar Lansia, “ tambahnya.

Janri mengatakan untuk tahun 2018, direncanakan pemberian makanan tambahan bagi Lansia yang dananya dari APBD dengan total Rp1.604.040.

“Jadi semua program bina Lansia itu menggunakan dana APBD dengan dukungan total Bupati Nikson Nababan dan juga Ibu Satika Simamora dengan menggunakan kegiatan PKK, “ tukasnya.

Nikson Nababan bupati non aktif mengatakan program bina lansia itu tujuannya untuk meningkatkan harapan hidup Lansia. ”Kita kucurkan anggaran APBD kesana, dan pusat hanya membuat peraturannya dan daerah dibebaskan untuk berkreasi, nah kita fokuskan ke bina lansia. Untuk mendukung kita gunakan APBD, “ ungkap Nikson yang saat ini masih cuti karena mengikuti Pilkada 2018.

Lansia Joget Bersama Nikson-Sarlandy

Lansia Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli digadang sebagai angkatan pertama anti Money politik pada Pemilukada 2018.

Belling Simanjuntak (75), tokoh masyarakat Desa Hutagurgur Kecamatan Sipahutar, Kamis (8/3), mengaku telah menerima menerima program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat lintas usia.

Program pembangunan tersebut tidak hanya pembanngunan fisik melainkan pembangunan rohani kesehatan, sedangkan program lansia, pengobatan gratis, senam lansia, makanan tambahan lansia. Itu rutin kami terima setiap bulannya. Semangat juang harus dimiliki petarung bermental pemenang, menurutnya pasangan nomor urut 1 akan memenangkan kompetisi tersebut.

Nyanyikan Lagu Anakku Naburju

Irjen (Purn) Soaloon Simatupang, duet dengan Nikson Nababan didampingi Ketua DPD Nasdem Fatimah Hutabarat , ketua tim Kabupaten Reguel Simanjuntak di Kecamatan-Muara, Tapanuli Utara (Taput) menyanyikan lagu berjudul ‘Anakku Naburju’, Rabu ( 7/3 ).

Lagu Batak yang berjudul “Anakku Naburju” diciptakan oleh Drs Soaloon Simatupang, MSc, Pangkat terakhir Irjenpol kelahiran 10 Oktober 1947 di Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Lagu tersebut salah satu lagu favorit Batak, yang mengingatkan generasi muda tetap ingat akan nasihat orangtuanya. Sebab kedua orangtua tetap mendoakan anak anaknya agar kelak menjadi orang yang berguna di keluarga sekitar, bahkan bangsa dan Negara serta ke depan saling bantu membantu demi kehidupan yang gemilang baik badani maupun rohani.

Nikson Nababan yang mengikuti tahapan pilkada di Kecamatan Muara mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat juga Jenderal Soaloon Simatupang.

Pada kesempatan itu, Irjen (Purn) Soaloon Simatupang meminta masyarakat Kecamatan Muara memilih cerdas untuk melanjutkan pembangunan di Taput.

Nikson juga berharap kedepan jenderal- jenderal baru lahir dari kembali di Kecamatan Muara. Dia mengaku masyarakat Muara memiliki komitmen yang kental dengan adat serta ikatan kekeluargaan yang tidak mudah digoyah.

“Saya yakin Tanah Kelahiran Jenderal ini, akan membawa dan memilih serta memenangkan saya pada pemilihan nantinya,” ujarnya.

Duet antara petahana dengan jenderal purnairawan tersebut membangkitkan semangat simpatisan, menurut warga sosok jenderal putra daerah yang dibanggakan tersebut hingga saat ini dikagumi masyarakat setempat, sebab perhatian dan retribusi pemikiranya membangun daerah tersebut berdampak kepada kemajuan Kecamatan Muara. (as/rah)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s