‘Perseteruan’ DPRD dan Bupati Humbahas Berlanjut

Doloksanggul  – Perseteruan antara DPRD dan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor sepertinya berlanjut.

Sebelumnya, penolakan LPj Bupati Humbahas tahun 2016 dan digulirkannya angket terhadap pemerintahan Dosmar-Saut. Kali ini, pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) gagal dilaksanakan karena kehadiran anggota badan musyawarah (Bamus) tidak kuorum, Jumat (10/11)

Ketua DPRD Humbang Hasundutan Manaek Hutasoit kepada wartawan mengatakan, gagalnya pembahasan RPJMD tersebut dikarenakan tidak tercapainya kuorum sehingga tidak mungkin untuk melanjutkan pembahasan RPJMD dimaksud.

Padahal, menurut Manaek sebelumnya jadwal rapat tersebut telah disepakati bersama dan undangan pun telah disampaikan kepada masing-masing anggota Bamus. “Dalam rapat tadi, kita setujui agar rapat pembahasan RPJMD ini kita skor hingga Senin (13/11) pukul 10: 00 Wib,” kata Manaek.

Manaek menjelaskan, dari 12 orang anggota Badan musyawarah (Bamus), yang hadir memenuhi undangan hanya 5 orang, masing-masing dari fraksi Golkar, Hanura dan PDIP sementara yang tidak hadir, yaitu anggota bamus dari fraksi Gerindra, Nasdem Kebangkitan Bangsa serta Amanat Demokrat.

Menurut Manaek, Pembahasan RPJMD ini dipandang sangat perlu untuk pembangunan Humbang Hasundutan, terlebih dalam pengelolaan APBD. Apabila tidak terlaksana maka akan bedampak kepada pembangunan daerah itu sendiri terutama kepada RAPBD 2018. Oleh karena itu dia berharap kepada semua yang berkompoten dalam rapat pembahasan itu dapat hadir sehingga rapat Pembahasan RPJMD dapat terlaksanna dengan baik dan untuk selanjutnya disetujui.

“ Marilah kita jalankan tugas-tugas kita sebagai pimpinan ataupun anggota DPRD Humbahas sesuai dengan amanah dari undang-undang. Karena kita telah dipercaya oleh rakyat. Karenanya, kita harus bekerja sesuai tupoksi masing-masing,” lanjutnya.

Dan kepada ketua fraksi yang tidak menghadiri rapat sebelumnya, Manaek mengimbau agar memerintahkan anggota Bamusnya menghadiri rapat yang akan dilanjutkan pada Senin (13/11).

“Secara khusus saya meminta, sesuai dengan surat undangan yang disampaikan kepada masing-masing anggota Bamus supaya hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” pintanya.

Ditanya bagaimana kelanjutan rapat tersebut apabila sampai pada Senin belum juga memenuhi kuorum, Manaek mengatakan pihaknya akan mengadakan rapat unsur pimpinan.

Terpisah, Bupati Humbang Hasundutan melalui Kadis Kominfo Hotman Hutasoit didampingi Kabid Infokom Dedi Situmorang menerangkan, pada dasarnya, RPJMD Humbahas telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah. Karena sesuai dengan undang-undang, 6 bulan setelah bupati-wakil bupati dilantik, RPJMD harus ditetapkan melalui peraturan daerah. Dimana, visi dan misi Bupati-Wakil bupati terpilih, menjadi visi dan misi kabupaten pada periode masa tugas mereka. Namun dengan diterbitkannya peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 sehingga dibutuhkan perubahan karena RPJMD telah ditetapkan melalui perda sebelumnya adalah masih mengikuti PP no 41 tahun 2007.

“RPJMD yang ada sekarang adalah sesuai dengan PP nomor 41 tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah yaitu SKPD yang lama. Ada perubahan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016, maka harus dilakukan perubahan tentang RPJMD yang lama itu dengan PP 18. Itu intinya, maka perlu adanya perubahan Perda tentang RPJMD yang sudah ditetapkan perdanya,” terang Hotman.

Lebih lanjut Hotman mengatakan, RPJMD adalah merupakan kitab untuk pemerintahan bupati-wakil bupati, karena disana tertuang bagaimana mewujudkan visi dan misinya.

”Maka bagaimana visi dan misi itu dilaksanakan sesuai dengan organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada sekarang ini, sesuai dengan PP nomor 18. Salah satu contoh, dulunya bidang Infokom ternyata sekarang sesuai PP 18 menjadi Dinas Kominfo. Nah, disitulah inti perubahan tersebut,” tandasnya.

Karenanya, menurut Hotman, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan sangat memohon kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Humbahas agar berkenan membahas dan menyetujui RPJMD tersebut. (Metro/sht/rah)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s