Investor Jepang Jejaki Potensi Lahan Pertanian

Siborongborong – Sejumlah investor asal ne­gara Jepang didampingi Ketua Forum Umum Kerja sama Rak­yat Indonesia-Jepang (Fu­kerinja), Parlindungan Purba meninjau lahan praktik perta­nian Kampus Universitas Si­singa­ma­ngaraja XII Tapanuli Utara (Unita), Siborong­bo­rong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Jumat (4/8).

Ketua Fukerinja Parlin­dungan Purba menyampai­kan, para investor asal Jepang ini datang untuk menjejaki po­tensi dan peluang kerjasama di bidang pertanian dengan Indonesia, khususnya daerah Taput.

“Ini merupakan bentuk ker­jasama forum kerjasama ma­syarakat Jepang Indonesia-Tapanuli. Kita ingin melihat potensi pertanian di Taput un­tuk bisa kerjasama mengem­bangkan pertanian dengan Jepang,”ujar Parlindungan.

Kerjasama yang ingin di­kem­bang­kan nantinya meli­puti berbagai komoditas perta­nian seperti padi, bawang me­rah, umbi-umbian, nenas, dan komoditas lainnya. “Ini merupakan kerjasama yang baik sehingga kerja­sama ini harus didukung pemerin­tah,” ucapnya.

Mewakili Investor Jepang, Yuzi Hamada yang juga me­rupakan mantan Konsul Je­pang di Medan mengatakan, kondisi lahan pertanian Indonesia khususnya daerah Taput sangat potensial untuk dikem­bangkan. “Sebab potensi pertanian Indonesia, khususnya di da­erah ini luar biasa,” katanya.

Dia mengatakan, nantinya dalam kerjasama ini pihak­nya akan mengin­vestasikan tek­nologi pertanian serta pe­ningkatan cara pengemba­ngan pertanian. “Kita nanti akan kerjasama dalam investasi teknologi dan pening­katan kemampuan pe­ta­ni,” tandasnya.

Pembantu Rektor II Unita, Arta J Hutahaean mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kedatangan investor Jepang ke Taput. Pihaknya juga berharap investor Jepang nantinya bisa menerapkan sistem pertanian Jepang di Taput dengan di­dukung alat teknologi perta­nian.

“Kami minta bantuan khu­susnya di bidang teknologi per­tanian, karena Jepang su­dah terlebih dahulu mene­rap­kan teknologi pertanian yang lebih maju,” ujarnya.

Adapun rombongan investor asal Jepang yang datang terdiri dari Fumihito Yoshit­sugu dan Kenichi Okada (Dentsu Grup) mewakili pe­rusahaan beras, serta Hide­humi Kondo (pengusaha be­ras). (can)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s