Buka Rute Baru Silangit -Singapura

Siborongborong – Pemerintah akan menjadikan Bandara Silangit melayani rute internasional. Hal ini untuk mendorong wisatawan internasional mengunjungi Danau Toba.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Bandara Silangit akan ditetapkan melayani rute penerbangan internasional pada 2017. Saat ini maskapai yang sudah berkomitmen akan membuka rute penerbangan internasional adalah Sriwijaya, dengan rute Singapura-Silangit.

“Yang sudah confirm kemarin Sriwijaya mau terbang dari Singapura,” kata Arief di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (12/6).

Arief menuturkan, rute internasional dari Singapura memiliki keunggulan, karena negara tersebut merupakan penghubung penerbangan dari negara lain, dengan begitu akan mempermudah wisatawan menuju Danau Toba.

“Kita dapat dari Singapura, kita dapat dari mana-mana. Karena Singapura itu sebagai hub kan, orang datang ke sana. Jadi memang kita harus mengejar ke sana,” jelas Arief.

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah akan memperpanjang landas pacu Bandara Silangit dan Bandara Sibisa dalam rangka pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba.

Landas pacu Bandara Silangit yang saat ini berukuran 2.400 x 30 meter itu akan diperpanjang menjadi 2.650 meter dengan lebar 45 meter untuk mengakomodasi pesawat jenis Boeing 737-800 agar bisa mendarat dan terbang dari bandara tersebut.
Pemerintah meyakini, dengan pengembangan bandara maka target kunjungan wisatawan mancanegara hingga 20 juta orang dapat tercapai pada 2019.

Terlebih, lokasi Danau Toba yang strategis karena dekat dengan Singapura yang jadi hub penerbangan internasional.

Singapura-Tiongkok Berminat Tanam Modal
Arief menambahkan, banyak investor dari dalam dan luar negeri yang berminat menanamkan modal di lokasi tersebut.

Sejumlah investor yang berminat itu, diantaranya berasal dari Singapura dan China yang tengah getol berinvestasi di sektor pariwisata.

“Investor sudah banyak yang mau masuk. Tapi mereka mensyaratkan agar jalan menuju zona otoritanya diperbaiki. Tapi poinnya investor sudah banyak yang mau masuk,” tukasnya.

Danau Toba menjadi salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) bersama Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Morotai di Maluku Utara, Tanjung Lesung di Banten, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dan Kawasan Bromo Tengger di Jawa Timur.

Dianggarakan Rp100 M dari APBN
Pemerintah memastikan pembangunan kereta api akses menuju destinasi wisata Danau Toba akan dibangun. Biaya pembangunan ditaksir mencapai Rp100 miliar.
Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan, berdasarkan rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang digelar Senin (12/6), anggaran pembangunan kereta api Medan-Danau Toba akan diambil dari APBN.

Arief menuturkan, rencana pengembangan transportasi kereta api dari Medan ke Parapat sudah diputuskan pemerintah. Untuk tahap awal, rute yang dikembangkan adalah Medan-Siantar yang memakan waktu 2,5 jam.

“Sudah diputuskan juga tadi. Jadi kereta yang sudah ‘confirmed’ dari Medan sampai dengan Siantar, itu kira-kira 2,5 jam. Dari Siantar ke Parapat sekitar satu jam,” kata Arif.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre 1 Sumut siap mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kawasan objek wisata Danau Toba dengan melayani transportasi angkutan kereta api dari Medan-Parapat.

Jika proyek kereta api Medan-Parapat sepanjang 160 kilometer itu jadi, maka manajemen kereta api tinggal membangun rel dari Siantar ke Parapat, karena sebelumnya layanan kereta api hanya sampai Siantar.

Dengan angkutan kereta api, perjalanan dari Medan-Parapat yang sebelumnya menghabiskan waktu tempuh enam jam perjalanan dengan angkutan jalan raya dapat dipangkas hingga sekitar tiga jam. (ant/int)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s