Mari Nikmati The Truly of Batak, Digelar saat Libur Lebaran di Tuktuk Siadong Samosir

SAMOSIR – Bagi kalian yang bingung mau kemana saat libur Lebaran ini, datang saja ke Samosir, Sumatera Utara. Pulau di tengah Danau Toba itu akan menjadi tempat pagelaran Batak Fiesta.

Bertempat di Open Stage, Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, acara pagelaran seni dan budaya Batak ini akan dilangsungkan selama tiga hari, 27-29 Juni 2017.

Tidak seperti acara seni budaya yang sudah-sudah, Batak Fiesta akan menampilkan secara lengkap kekayaan budaya Batak dari seluruh puak, yakni Angkola/Mandailing, Karo, Simalungun, Pakpak, dan Toba.

“Ini pertama sekali dalam sejarah gelar seni budaya di kawasan Danau Toba dihadirkan secara lengkap,” kata Bupati Samosir Rapidin Simbolon lewat siaran pers, belum lama ini.

Batak Fiesta yang mengusung tema ‘The Truly of Batak’ akan diisi oleh utusan kabupaten dan komunitas. Mereka akan menayangkan secara live keunikan, kekayaan dan originalitas seni budaya seluruh puak Batak yang sangat terkenal itu.

Kemeriahan Batak Fiesta tentu akan dimulai pada saat grand opening pada 27 Juni sore hari.

Apa saja kemeriahannya? Tari klosal Manduda dan Tortor Lima Puak akan memukau para penonton karena sudah dipersiapkan dengan matang. Tari ini mengangkat pesan persaudaraan, kesahabatan, kesederajatan serta kepariwisataan.

Rapidin mengatakan, Batak Fiesta sengaja digelar pada puncak libur Lebaran agar semakin menarik wisatawan berlibur ke Danau Toba.
“Di samping mereka (para wisatawan) dimanjakan oleh keindahan alam dan eksotisme Samosir-Danau Toba, mereka juga kita bius dengan gelaran seni budaya yang unik,” ujar Rapidin.

Kadis Pariwisata Samosir Ombang Siboro menuturkan, Batak Fiesta diharapkan menjadi salah satu atraksi yang mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke kabupaten ini.

Dia berharap kunjungan wisata ke Samosir bisa meningkat 6,5-8,5 persen per tahun, sebagaimana telah tercapai selama beberapa tahun terakhir.

Dan, Project Manager Henry Manik, ada banyak artis yang akan mengguncang Open Air Stage Tuktuk Siadong, juga mereka yang didatangkan dari Eropa.

“Semua artis dari Eropa ini nantinya akan menjadikan lagu lagu Batak menjadi repertoire utama mereka. inilah yang menjadikan TobatakFest ini menjadi unik,” kata Henry.

Beberapa artis yang akan tampil, yakni Hermann Delago, yang tidak asing lagi bagi para pecinta musik/lagu lagu Batak di Indonesia secara umum, terutama sejak 2 buah grup orkestra yang di pimpinnya di Tirol Austria mengadakan tour konser ke Samosir pada tahun 2014 dan mengumandagkan lagu lagu Batak.

Pada tahun 2010, Hermann Delago dan Viky Sianipar berkolaborasi untuk memproduski album Batak berjudul ‘ obatak’. Album ini didistribusikan secara worldwide oleh sebuah label musik di Jerman.

Hampir di setiap konser yang dilakoni Hermann bersama orkestranya di Austria selalu membawakan beberapa lagu Batak. Kecintaan Hermann Delago akan musik dan budaya Batak sangat tinggi. Bahkan dia telah mengangap Pulau Samosir juga sebagai kampung halamannnya yang kedua.
Dalam Tobatak Festival 2017, Hermann akan membawa serta The JB’s, band asal Austria.

Kemudian, Viky Sianipar, salah satu musisi muda kebanggan orang Batak, khususnya naposo, saat ini. Dengan kreativitas musiknya yang tinggi, dia mampu mengubah banyak lagu Batak menjadi terdengar sangat modern dan sangat diterima di telinga para kawula muda, tanpa menghilangkan esensi dari lagu Batak tersebut.

Viky mengangkat nilai rasa musik Batak kedunia yang lebih luas. Pada tahun 2016 yang lalu, anak pengusaha Monang Sianipar ini mengadakan tur Eropa untuk memperkenalkan musik album Toba World-nya.

Pada Tobatak Festival ini, Viky akan menampilkan thema TobaRock bersama bandnya dan juga Alsant Nababan sebagai vokalisnya.

Ada juga Nadine Beiler, salah satu penyanyi Austria yang sudah memiliki nama besar dan pernah menjadi penyanyi pilihan masyarakat Austria untuk diutus ke ajang perlombaan tarik suara antarnegara, yakni Eurovisiesongfestival pada 2011.

Nadine memulai karier musiknya semenjak mengikuti sebuah ajang pencarian bakat di sebuah televisi show di Austria pada Januari 2007.

Perempuan cantik kelahiran 1990-an ini merupakan salah satu kandidat yang paling muda. Dengan usia 16 tahun kala itu, dia berhasil memenangkan kompetisi.

Untuk rencana konser yang akan diadakan di Samosir pada 12 Agustus 2017 nanti, Nadine akan menyanyikan beberapa lagu Batak.
Bernadeta Astari, seorang warga Indonesia yang sudah tinggal di Belanda sejak berumur 18 tahun dan berhasil menyelesaikan kuliahnya di Konservatorium Utrecht hingga mendapat gelar Master di bidang Vokal Klassik juga akan tampil.

Sebagai penyayi soprano, banyak prestasi yang sudah diraihnya di Belanda. Seperti pemenang Vokal Klasik dari seluruh Belanda, dan pernah tampil di hadapan para pemimpin negara negara dunia pada saat pembukaan acara Nuclear Security Summit di Denhaag Belanda, yang diikuti oleh 52 negara. Hingga saat ini pun dia banyak melakukan tour show berbentuk Opera.

Tak ketinggalan, Tongam Sirait, pencipta lagu sekaligus penyanyi lagu-laguBatak yang mampu keluar dari konsep musik vokal trio khas halak hita.

Karakter vokalnya juga berbeda dari kebanyakan penyanyi Batak umumnya yang mengandalkan suara tinggi dan melengking.
Kekuatan karakter pria asal Parapat ini justru tebal, namun range intervalnya juga luas. Suara tenor Tongam artikulasinya sangat jelas dan lembut.

Pada Tobatak Festival 2017, Tongam akan berkolaborasi dengan para artis dari Eropa. Para artis mancanegara ini nanti akan membawakan beberapa karya cipta Tongam.

Selain nama-nama beken diatas beberapa musisi (local taltent) juga akan dilibatkan. Seperti, Jajabi Band, Supra Purba Tambak, Punxgoaran dan Samisara Band.

Henry Manik mengatakan, dengan ikut berpartisipasi, mereka diharapkan tetap termotivasi untuk terus berkarya dan memberi rasa dan pengalaman bahwa mereka juga mendapat ruang di panggung musik besar. (int)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s