Tersangka Kasus Korupsi Dijemput Paksa

Tarutung  – Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara (Kejari Taput) men­jemput paksa dan langsung menahan, TL (60), tersangka kasus dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos) rehabilitasi 77 sekolah di Dinas Pendidikan (Disdik) Taput 2012.

Kasi Pidsus Kejari Taput, Symon Morrys didampingi Kasintel Prabudi mengung­kapkan, tersangka dijemput paksa dari rumahnya di kawasan Jalan Kapas Raya, Simalingkar, Medan.

Menurut Symon, penjemputan paksa terhadap tersangka dilakukan karena yang bersangkutan tidak kooperatif sebab tiga kali dipanggil tidak pernah hadir dengan alasan sakit. “Padahal setelah kita cek, tersangka tidak benar sakit sehingga kita melakukan penjemputan paksa dan langsung ditahan,” ujar Symon kepada wartawan, Selasa (30/5).

Symon mengatakan, tersangka ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjung Gusta Medan selama 20 hari ke depan mulai tanggal 30 Mei hingga 18 Juni 2017. “Penahanan terhadap tersangka kita lakukan selama 20 hari ke depan,”ucapnya.

Symon menjelaskan, penetapan tersangka terhadap TL merupakan hasil pe­ngembangan dan fakta persidangan dari sejumlah tersangka yang sebelumnya sudah didakwa.

“Penetapan tersangka terhadap yang bersangkutan setelah penyidik yakin dan memiliki sejumlah bukti yang kuat,” ucapnya sembari mengatakan sedang kerugian negara dalam kasus ini sebesar Rp 1,7 miliar.

Symon menambahkan, tersangka diduga terlibat dalam pengarahan aliran dana fee proyek sebesar 3 persen dari pagu anggaran yang diterima masing-masing sekolah.

“Padahal berdasarkan petunjuk teknis, dana 3 persen itu merupakan biaya operasional tim pelaksana rehabilitasi ruang kelas (TPR2K),” tandasnya.

Symon menambahkan, pada kasus kasus dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos) untuk rehabilitasi 77 sekolah di Dinas Pendidikan (Disdik) Taput 2012 dengan pagu Rp 27, 5 miliar ini, pihaknya sebelumnya sudah mendakwa dan menahan sejumlah tersangka yakni MLH, IBA, ZZ, dan AS. “Hingga saat ini kita masih terus melakukan pengembangan atas kasus itu, katanya. (can)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s