Bupati Taput Hadiri Workshop ‘Keterpaduan Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba’.

Parapat – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan di dampingi Asisten II Osmar Silalahi, Kadis Parawisata Binhot Aritonang dan Kabag Humas Donna Situmeang hadiri Workshop ‘Keterpaduan Pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba’ yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman bekerjasama dengan Ikatan Ahi Perencanaan (IAP) bertempat di Inna Hotel Parapat (Parapat, 15/5).

Dalam sambutan Bupati Taput mengatakan bahwa sangat mendukung pelaksanaan workshop ini sehingga akan muncul suatu konsep dan rekomendasi dalam pelaksanaan Destinasi Parawisata Danau Toba yang direncanakan dengan baik dengan sistem ‘one vilage one product’ sehingga semakin berkembangnya variasi atraksi pariwisata.
Beliau juga menjelaskan bahwa Pemkab Taput sudah memulai melakukan pembenahan ‘homestay’ dengan mempertimbangkan kearifan lokal dan juga sangat dibutuhkan berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli Raya sehingga secara tidak langsung akan mendukung bagi kunjungan wisatawan.
“Muara yang didukung oleh Bandara Silangit diharapkan dalam waktu dekat menjadi Bandara Internasional akan menjadi ‘pintu masuk’ menuju Destinasi Parawisata Danau Toba. Kemudian pembukaan jalan Taput- Labuhan Batu merupakan interkoneksi antara Pantai Timur dan Pantai Barat diperkirakan akan meningkatkan kunjungan wisatawan karena jalur ini melalui Kawasan Danau Toba,” akhir sambutan Bupati Drs. Nikson Nababan.
Workshop kali ini di hadiri oleh Staf Ahli Gubsu Binsar Situmorang, para Bupati/mewakili se-Kawasan Danau Toba, perwakilan dari 7 Kementerian, Direktur Pemasaran BOPDT Basar Simanjuntak dan para ahli Perencanaan serta para pelaku parawisata.
Kemenko Maritim yang diwakili Asdep Bidang Infrastuktur Rahman dan Ketua IAP Bernadus Djonoputro sependapat bahwa Workshop dengan Topik 3 A (Aksesibilitas, Atraksi dan Amenitas) ini bertujuan menyusun konsep perencanaan yang kolaboratif antar stakeholder dalam perwujutan percepatan Pembangunan Otorita Danau Toba.
“Sesuai dengan program Presiden RI Joko Widodo yang memprioritaskan sektor Parawisata dimana salah satunya adalah Destinasi Danau Toba, maka seluruh stakeholder harus mampu menyatukan pemahaman dan terutama diharapkan keseriusan Pemerintah Provinsi dan Pemkab se-Kawasan Danau Toba dalam percepatan pembangunan kawasan Danau Toba,” ucap Asisten Deputi Rahman. (Humpro/RN)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s