Tiga Tahun Kepemimpinan Nikson Nababan “Tidak ada Kata Menyerah untuk Membangun Taput”

Menginjak usia Tiga Tahun Kepemimpinan Drs Nikson Nababan sebagai Bupati di Tapanuli Utara telah menorehkan banyak prestasi. Kepedulian dan pengabdian tiada batas bukan ungkapan semata. Tidak mengenal lelah, pantang menyerah, ngotot dalam memperjuangkan kue pembangunan dari pusat untuk masyarakat Tapanuli Utara, sedih dan tidak tahan melihat kesusahan rakyatnya, selalu ingin segera menuntaskan satu masalah tanpa ingin menunda sejenak, setia pada tim, selalu semangat dan memiliki motto “Bagi Tuhan Tiada yang Mustahil”.
Itulah ciri Kepemimpinan Nikson Nababan..

Tapanuli Utara memiliki memiliki wilayah yang luas, terdiri dari 15 Kecamatan, 241 Desa dan 11 kelurahan. Wilayah Tapanuli Utara masih memiliki 44.000 hektar lahan tidur yang subur. Ini menjadi dasar bagi Nikson Nababan untuk menetapkan visi pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara salah satunya ‘Mewujudkan Tapanuli Utara menjadi Lumbung Pangan’.
Kekayaan ini dipandang sangat efektif untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan menggerakkan masyarakat untuk menggarap lahan tidur menjadi lahan produktif.
Mendukung pengolahan lahan tidur ini, Nikson Nababan telah adakan alat berat traktor besar sebanyak 6 (enam) unit dan akan telah dianggarkan kembali untuk pengadaan tahun 2017 sebanyak 4 (empat) unit. Untuk tahun 2015 telah digarap secara gratis lahan tidur masyarakat seluar 250 ha, tahun 2016 seluas 700 ha dan target tahun 2017 seluas 1000 ha.
Untuk menunjang lahan tidur yang telah digarap ini, Bupati Taput juga memberikan bantuan bibit kepada masyarakat seperti bibit padi, jagung, kakao, karet, kemenyan dan alpukat. Untuk tahun 2017 ini, selain bibit di atas, Bupati Nikson juga akan bantuan pengembangan tanaman cabai merah seluas 30 hektar dan bawang merah seluas 22 hektar.
Alat mesin pertanian (Alsintan) dipandang perlu diberikan kepada masyarakat. Untuk tahun 2016 Pemkab telah memberikan bantuan alsintan kepada masyarakat berupa traktor kecil 3 unit, hand traktor sebanyak 150 unit, Combain Harvester (alat Panen padi) sebanyak 13 buah, combain Harvester Jagung 1 unit, rice transplanter atau alat panen padi sebanyak 25 buah, pompa air 40 buah, power treaser, mesin kompos dan juga mesin penggiling kopi.
Juga untuk menunjang produksi pertanian ini, Bupati Taput juga menyalurkan pupuk bersunsidi bayar pasca panen untuk memudahkan petani dan menghindarkan masyarakat dari jeratan tengkulak.
Terobosan demi terobosan tidak pernah terhenti, Bupati terus mengasah otak apa yang harus dilakukan untuk mempermudah petani. Pasar lelang menjadi sebuah terobosan yang sangat digandrungi dan juga sangat menjanjikan bagi petani. Pasar lelang yang telah digelar Bupati Nikson di Pasar Siborongborong dan Pasar Tarutung sejak tahun 2016 telah melelang cabai merah sekitar 139 ton dengan penjualan sebesar 5,5 milyar.
Melihat terobosan demi terobosan dan perhatian Bupati Nikson ke sektor pertanian sungguh luar biasa, tidak ada lagi alasan masyarakat untuk malas bertani. Asal ada kemauan, semua tersedia. Ini akan mempermudah untuk mewujudkan Tapanuli Utara menjadi Lumbung Pangan.
Untuk mendukung pengolahan lahan tidur dan meningkatkan produksi pertanian, Bupati Taput menganggarkan pengadaan alat berat di Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang). Saat ini Dinas PUPR memiliki beberapa alat berat, seperti Exavatar 5 unit, Buldozer 1 unit, Exacavator Mini 1 Unit, Loader 1 unit dan Greder 1 unit yang selalu standby apabila dibutuhkan masyarakat untuk pembukaan jalan usaha tani, pembukaan jalan interkoneksi antar desa, antar dusun dan antar kecamatan.
Untuk interkoneksi antar Dusun, antar Desa dan antar Kecamatan, sejak tahun 2014, Bupati Taput melalui Dinas PUPR telah membuka jalan interkoneksi dan jalan usaha tani sepanjang 108 km dan pembangunan jalan hotmix sepanjang 125 km.
Program yang memiliki motto tidak kenal lelah, tanpa memikirkan untung rugi, dan para operator harus siap selama 24 jam kapanpun dibutuhkan dan apabila ada tanah longsor dan jalan putus, Bupati langsung hadir dan alat berat langsung turun.
Untuk bidang kesehatan, Bupati Nikson Nababan juga membuat berbagai terobosan. Dari tahun ke tahun Nikson Nababan terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, salah satunya melalui peningkatan kepesertaan BPJS Jamkesda yang dibiayai oleh APBD Kabupaten sebesar 20.000 jiwa dan total masyarakat yang memiliki kartu BPJS hingga tahun 2016 sebesar 65,25 %. (PBI Pusat).
Di samping itu, Bupati selalu menegaskan kepada para tenaga medis untuk memberikan pelayanan yang prima agar seluruh masyarakat segala lapisan memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dan hak untuk hidup sehat.
Pada Dinas Kesehatan, Program 3S (Senyum Sapa Salam) plus sentuh menjadi hal yang mutlak dalam melayani masyarakat yang diimplementasikan pada program kesehatan yang menitikberatkan pelayanan prima, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, menurunkan angka kesakitan dan promosi kesehatan.
Selanjutnya Bupati juga mencanangkan program antar dan jemput pasien dengan layanan Quick Respon melalui PSC 119 selama 24 jam, program ketuk pintu dengan sasaran home visite kesetiap rumah penduduk.
Di samping itu, pada setiap kunjungan Bupati ke desa desa terpencil, akan seiring dengan pelayanan kesehatan gratis yang langsung hadir di tengah tengah penduduk, pelayanan surat surat kependudukan, seperti KTP, KK dan surat lainnya, penyuluhan pertanian dan bantuan social lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat.
Kepedulian Nikson Nababan pada pelayanan kesehatan dilengkapi dengan peningkatan kesejahteraan tenaga medis berupa insentif untuk dokter, dokter gigi dan bidan desa yang ada di desa terpencil dan sangat terpencil dengan besaran 100-150 persen dari gaji pokok per bulannya. Juga pemberian insentif bagi tenaga sukarela (TKS) medis, rumah singgah untuk pasien gangguan jiwa di tahun 2017 dan direncanakan adanya deklarasi bebas pasung di Kabupaten Tapanuli Utara di tahun 2017.
Peningkatan pelayanan kesehatan juga dimaksimalkan di Rumah Sakit Tarutung. Untuk tahun 2017, rumah sakit ini telah lengkap dokter spesialis dengan insentif besar sehingga pasien yang berobat di rumah sakit tarutung mendapat penanganan yang maksimal dari dokter spesialis. Tenaga medis lainnya juga diperlengkapi dengan pelayanan prima dengan slogan 3S dan mengutamakan keselamatan pasien.
Untuk sektor pendidikan, Bupati memberikan perhatian yang sangat besar agar masyarakat untuk seluruh lapisan mampu mengecap pendidikan tanpa memikirkan biaya. Bupati Taput memutuskan pendidikan gratis mulai tingkat SD hingga Tingkat SMA/SMK, tidak boleh ada pungutan sepeser pun. Sekolah menuju unggulan dan system pendidikan yang nyaman dengan menegaskan bahwa lingkungan sekolah harus memiliki taman yang nyaman, bersih dan menyenangkan bagi anak didik.
Sebuah universitas menjadi sebuah impian dan cita-citanya untuk hadir di Tapanuli Utara di samping seluruh visi dan misi yang dicanangkan. Dengan melihat jumlah penduduk dan cita-cita luhur orang Batak ‘Anakkonki do Hamoraon di au’, dimana pendidikan menjadi segala-galanya, Nikson Nababan melihat Universitas menjadi sebuah Solusi percepatan pembangunan di Tapanuli Utara. Melihat jumlah masyarakat Tapanuli Utara yang ingin menempuh pendidikan di luar kota seharusnya menjadi kekayaan yang memberikan hasil bagi masyarakat Tapanuli Utara itu sendiri.
Para guru honor dan petugas honor tenaga medis lainnya diberikan honor yang tiap harus mengalami peningkatan. Besaran honor tenaga guru yang tadinya hanya tiga ratus rupiah dari dari dana komite, Bupati Taput akhirnya menampung dalam APBD hingga besaran delapan ratus ribuan.
Tidak hanya pembanguna fisik, tetapi Nikson jugaa tetap melakukan penataan birokrasi, percepatan pelayanan kepada masyarakat, seperti perizinan, penataan usahaan keuangan sehingga dapat memperoleh penilaian pertanggung jawaban kewenangan oleh BPK dengan predikat WTP (Wajar tanpa Pengecualian) selama dua tahun berturut turut dan semoga tahun ini dapat dipertahankan kembali.
Upaya demi upaya telah dilakukan Nikson Nababan, dari pintu ke pintu Nikson jalanni dari satu kementerian ke kementerian lainnya, hingga langsung kepada Bapak Presiden Jokowi. Bupati mengharapkan doa seluruh masyarakat Tapanuli Utara agar cita-cita ini segera terwujud karena tidak ada kekuatan yang bisa melawan kekuatan doa. Semoga ini segera terwujud.
Prestasi demi prestasi telah diraih Bupati Taput mulai dari sebagai Bupati Innovatif tahun 2016, sebagai Bupati Inspiratif tahun 2017, kategori Bupati ‘As the Best Professional of the year’ dan penghargaan lainnya.
Tidak ada kata menyerah,,, dengan motto ‘Tiada yang Mustahil bagi Tuhan’ Nikson Nababan melaju terus membangun Taput walau dengan permasalahan yang kompleks yang harus sesegera mungkin dituntaskan. Tidak ada kata menunggu, Nikson Nababan terus turun dan melihat apa yang dialami masyarakat dan apa yang dibutuhkan dengan keyakinan hati ‘lima sampai sepuluh tahun kedepan masyarakat Tapanuli Utara telah dapat mandiri dan meraih kehidupan yang sejahtera’. (RN)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s