Ayo, Buruan Daftar… Polri Buka Penerimaan Akpol, Bintara dan Tamtama

SIBOLGA – Polri memanggil putra-putri Indonesia untuk menjadi anggota polisi. Ada 3 jalur yang dibuka, yakni taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama.

Dalam siaran persnya, Kapolres Sibolga AKBP Benny R Hutajulu yang disampaikan melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhan Sormin, membeberkan jadwal pembukaan pendaftaran. Katanya, ketiga jalur dibuka secara bersamaan “Sama-sama dibuka tanggal 14 sampai dengan 15 April 2017,” kata Sormin, Selasa (21/3).

Dia juga menjelaskan tentang lamanya pendidikan yang akan ditempuh serta jadwal dimulainya pendidikan bagi yang telah melengkapi berkas pendaftaran. “Untuk Akpol, pendidikan akan dibuka sejak tanggal 7 Agustus 2017. Lama pendidikannya, 4 tahun. Setelah lulus nanti, langsung berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Kalau untuk yang Bintara, pendidikan dibuka 9 Agustus 2017, dengan lama pendidikan 7 bulan. Lulus, langsung berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda). Kemudian, yang tamtama, dibuka tanggal 3 Juli 2017 dengan lama pendidikan 5 bulan. Pangkat sama dengan Bintara. Bedanya, Tamtama khusus untuk pasukan Brimob dan SatPol Air,” jelasnya.

Khusus untuk Brigadir, masih kata Sormin, ada 3 jenis penugasan yang diambil. “Bintara Polisi tugas umum, Bintara Teknologi Informatika dan Bintara Musik,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk Akpol ada satu syarat yang sangat ditegaskan. Bagi calon peserta yang mengulang di kelas III atau kelas XII, tidak dapat mengikuti seleksi. “Baik yang mengulang di sekolah yang sama atau di sekolah yang berbeda, tidak bisa,” tegas Sormin.
Untuk informasi lebih lengkap, silahkan datang ke Mapolres Sibolga. “Bagi yang berdomosili di Sibolga, datang ke Mapolres Sibolga, hubungi Bagian Sumda atau Subbag Humas, untuk informasi lebih lanjut. Yang di kota lain, silahkan datang ke Mapolres setempat,” pungkasnya.

Sormin menambahkan, informasi juga dapat diperoleh melalui internet. Begitu juga dengan pendaftaran, tidak hanya dapat dilakukan dengan datang langsung, Polri juga menyediakan website pendaftaran secara online. “Silahkan buka website Polri, http://www.penerimaan.polri. go.id. Ke biro SDM Polda setempat juga bias,” tandasnya.

Yang jelas, kata Sormin, pendaftaran penerimaan anggota Polri, tidak dipungut biaya alias gratis. “Bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Bagi warga Sibolga yang punya cita-cita bergabung dengan Polri, silahkan mendaftar,” imbuhnya. (ts)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s