Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan Banyak Melakukan Penghematan Anggaran

Tarutung – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan banyak melakukan penghematan anggaran, salah satunya dengan tidak memproyekkan pembukaan jalan. Bila pembukaan jalan ke desa terpencil dicantumkan dalam belanja modal, ratusan bahkan miliaran dana APBD digelontorkan untuk dilelang penyedia barang dan jasa.
Penghematan anggaran yang dilakukan Bupati Nikson Nababan dibenarkan Ketua Fraksi PDI Poltak Pakpahan, Kamis (16/3). “Pembukaan jalan ke daerah terisolir tidak dilelang ke penyedia barang dan jasa, melainkan dilakukan menggunakan dana gotong royong. Jadi pembukaan tidak tercantum langsung di belanja modal secara langsung,” ungkapnya.

Jadi bentuknya bantuan dana operasional alat berat dan uang lelah operator. “Alat berat yang dibeli dimaksimalkan melakukan pembukaan jalan, jadi Pemkab hanya membayar biaya minyak dan operator alat berat. Inilah yang disebut menghemat anggaran, daripada dilelang yang sudah pasti menggunakan anggaran cukup besar sementara hasilnya belum tentu memuaskan,” kata mantan Ketua Komisi C tersebut.
Anggota dewan dua periode itu mengambil contoh, ketika ada pembukaan jalan Lobu Hole tahun 2013 yang menghabiskan dana Rp 600 juta. “Bandingkan saja itu hanya satu desa, gimana desa yang lain dengan ruas jalan panjang, APBD kita akan tersedot kesana,” ujarnya.
Selain itu, Poltak juga berharap perjuangan membangun Taput dibantu dewan Provinsi asal Tapanuli Utara. “Banyak ruas jalan Provinsi yang sudah rusak, seperti Pangaribuan Garoga. Ini seharusnya diperjuangkan dewan asal Taput, warga jadi menyalahkan Pemkab kenapa jalan Pangaribuan Garoga rusak. Bila ingin membangun, coba perjuangkan jalan rusak Pangaribuan Garoga karena itu kewenangan Provinsi,” katanya.
Lanjut dia, APBD Provinsi sangat kurang ke Taput, justru dana pusat yang banyak digelontorkan. “Artinya dewan asal Taput yang duduk di Provinsi kurang respon atau memang tidak peduli, berbanding terbalik dengan dana pusat yang sudah sering diperjuangkan Bupati Nikson,” tandasnya. (als/dut, Palapa Pos)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s