Audit Eksternal Pengadilan Tinggi Jambi di Pengadilan Negeri Muara Bulian

Muara Bulian – Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian, Derman P. Nababan, SH,MH mengatakan bahwa hari ini Rabu, 1 Maret 2017 adalah kunjungan ke-2 Ketua Pengadilan Tinggi Jambi Hj. Irama Chandra Ilja, SH,MH setelah Saya dilantik menjadi Ketua PN Muara Bulian pada tanggal 25 Nopember 2016, oleh karenanya Saya atas nama Pengadilan Negeri Muara Bulian menyatakan rasa hormat dan salut atas kepedulian Ibu Ketua PT Jambi kepada Kami, ini merupakan penghargaan khusus bagi kami, karenanya kami ucapkan Selamat Datang kembali di Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Bumi Serentak Bak Regam (mengutamakan musyawarah mufakat), tambahnya, seraya meminta kesediaan Sekretaris Pengadilan Negeri Muara Bulian untuk memimpin pembacaan Yel Yel Penjaminan Mutu, dimana seluruh hadirin berdiri, dengan semangat juang dan mengepalkan tangan kanan.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, YM Ibu Hj. Irama Chandra Ilja, SH.,MH, mengapresiasi semangat Pengadilan Negeri Muara Bulian dalam melakukan tahapan akreditasi penjaminan mutu Pengadilan. Hari ini saya sendiri sebagai Ketua Pengadilan Tinggi ikut serta mendampingi Team Auditor dari Pengadilan Tinggi Jambi, serta Hakim Tinggi Pengawas Daerah untuk memastikan dan menyaksikan secara langsung bagaimana kesiapan Pengadilan Negeri Muara Bulian berbenah dalam menyongsong akreditasi ini, tegasnya. Setelah acara Opening ini, maka Saya akan keliling mengamati bagian fisik maupun administrasi Pengadilan Negeri Muara Bulian, Saya akan bandingkan dengan hasil kunjungan Saya yang Pertama pada tanggal 29 Nopember 2016 tambahnya. Untuk Itu, supaya Team Auditor melakukan tugasnya secara objektif. Sementara itu Ketua Team Auditor Eksternal dari Pengadilan Tinggi Jambi  Albert Monang Siringoringo, SH.,MH mengatakan bahwa pelaksanaan Audit Eksternal ini adalah merupakan salah satu syarat untuk bisa dilakukan Audit oleh Team Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Dirjen Badan Peradilan Umum (BADILUM) Mahkamah Agung, dimana hasil audit ini akan dilampirkan dalam dokumen terkait dan disampaikan ke Dirjen Badilum.
Usai acara pembukaan, dilakukan acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) Fakta Integritas, Antara Ketua Team Auditor  Albert Monang Siringoringo, SH.,MH dengan Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian Derman P Nababan SH, MH sebagai  Pihak Kedua, bahwa pihak Pertama akan melakukan audit secara objektif dan tidak menerima sesuatu dari pihak Kedua. Selanjutnya Team Auditor  Albert Monang Siringoringo, SH.,MH, dan  Agus Jumardo, SH.,MH, serta Darlian Tulup, SH sebagai Sekretaris melakukan Audit terhadap Derman P. Nababan, SH.,MH sebagai Top Manager, Rais Torodjo, SH.,MH sebagai Manager Representative, didampingi oleh Ultry Meizalayeni, SH.,MH selaku Ketua Team Auditor Internal, Bahrum, SH dan Fitri Yani, SE selaku Document Control di Ruang Sidang Tirta.
Sementara itu Agoeng Rahardjo, SH melakukan pemeriksaan terhadap IT dan Kepegawaian. Walfred Pardamean SH memeriksa seluruh halaman, kamar mandi dan fisik bangunan kantor. Bakri Ali, SH memeriksa bagian Pidana, Perdata dan Hukum, sedangkan Meiridinata, S.Ag memeriksa bagian administrasi dan keuangan. Ketua Pengadilan Tinggu Hj. Irama Chandra, SH.,MH melakukan pengamatan terhadap seluruh kegiatan audit maupun pemeriksaan, yang berlangsung hingga jam 13.00 WIB. Usai makan siang, Team Auditor kembali melakukan pemeriksaan fisik kantor maupun sarana dan parasarana kantor.
Pada acara closing meeting (penutupan), bertempat di Ruang Sidang Cakra. Albert Monang Siringoringo, SH.,MH menambahkan, bahwa kegiatan PN Muara Bulian patut diapresiasi, karena dari hasil audit yang dilakukan bahwa telah dilakukan banyak sosialisasi, di antaranya Sosialisasi Manajemen Perubahan yang melibatkan pihak Polres Batang Hari dan Kajari Batang Hari, Rapat Aparat Penegak Hukum (ICJS) di Kantor Pengadilan Negeri Muara Bulian, melakukan Tes Urine oleh BNK Batang Hari, Sosialisasi Manajemen Resiko, serta sosialiasi lainnya untuk menunjang penjaminan mutu PN Muara Bulian, akan tetapi masih banyak temuan yang bersifat minor maupun mayor yang harus dibenahi. Selanjutnya Para Auditor, Hakim Tinggi Pengawas, Panitera dan Sekretaris dan terakhir Ketua Pengadilan Tinggi Jambi mengutarakan satu persatu apa yang menjadi temuan, atas adanya pelaksanaan tugas yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), maupun tugas-tugas yang belum mempunyai SOP, bahkan kondisi setiap ruangan dan sarana-prasarana yang belum menerapkan 5R (Rapi, Ringkas, Resik, Rawat dan Rajin). Ada lebih dari 50 temuan tetapi secara umum bersifat minor, sehingga dalam tenggang waktu 2 (dua) minggu ke depan diharapkan bisa dibenahi. Ketua Team Auditor Albert Monang Siringoringo., SH.,MH menegaskan, apabila Pengadilan Negeri Muara Bulian telah membenahi seluruh temuan tersebut, maka secepatnya dilaporkan kepada Ketua Pengadilan Tinggi, sehingga TAPM Dirjen Badilum akan melakukan audit terhadap PN Muara Bulian.
Sebelum menutup acara tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi mengajak hadirin untuk kembali meneriakkan Yel Yel Penjaminan Mutu PN Muara Bulian, diakhiri dengan tepuk tangan membahana serta tertawa bersama untuk menyemangati hadirin, selanjutnya menyampaikan bahwa dari keseluruhan hasil pengamatan dan temuan yang diutarakan, bahwa Pengadilan Negeri Muara Bulian di bawah pimpinan Ketua Derman P. Nababan SH MH dan Wakil Ketua Rais Torodji, SH.,MH telah melakukan banyak perubahan baik terhadap fisik kantor maupun administrasi. Bahkan beliau sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh PN Muara Bulian yang telah menerapkan One Day Publish, One Day Service dan One Day Minute, karena baru PN Muara Bulian yang melakukan One Day Minute di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jambi, dimana pada saat Hakim Ketua membacakan putusan, maka pada saat yang sama juga ditayangkan via proyektor, sehingga selain mendengar, pengunjung sidang juga dapat membaca putusan Hakim secara lengkap melalui proyektor, dan putusan tersebut lansung diserahkan kepada para pihak pada hari itu juga. Terobosan ini harus tetap dipertahankan dan bahkan ditingkatkan kualitasnya.
Selama acara penutupan, Ketua PN Muara Bulian juga menayangkan berbagai foto gedung dan halaman sarana yang ada dan proses kegiatan pembenahan kantor hingga sebagaimana adanya saat ini. Sebelum acara ditutup, dilakukan acara foto bersama, di Ruang Sidang Cakra dan di halaman kantor Pengadilan Negeri Muara Bulian, hingga berlangsung pukul 17.30 Wib.(Ali kuncir/AdvRN))

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s