Tiga Maskapai Asing Buka Rute Tembus Danau Toba

Oleh : Drs Nikson Nababan

Dukung Pariwisata Danau Toba, Bandara Silangit Diperluas

2aMedan Tiga maskapai penerbangan asing akan mendarati Bandar Udara Silangit di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Bandara itu diproyeksikan menjadi pendukung utama pengembangan pariwisata Danau Toba yang sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata baru mengejar target 20 juta wisatawan asing masuk ke Indonesia.

Ketiga maskapai asing itu, kata Direktur Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba Arie Prasetyo, adalah Tiger Air dan Silk Air dari Singapura, serta AirAsia. “Khusus untuk AirAsia, pemilik maskapai tersebut, Tony Fernandes, sudah bertemu dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya,” kata Arie kepada Tempo, Kamis, 9 Februari 2017.
Ketiga penerbangan internasional itu, ujar Arie, akan menambah daftar maskapai yang sudah mendarat di Silangit, yakni Sriwijaya Air dengan tipe Boeing 737-500 dan Garuda tipe Bombardier. “Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba akan banyak terbantu dengan masuknya tiga maskapai asing itu. Target 1 juta wisatawan mancanegara masuk ke Danau Toba pada 2019 bukan hal sulit lagi,” katanya.
Saat ini Bandara Silangit tengah dibenahi. Ditargetkan pada September 2017, panjang landasan pacu menjadi 2.650 meter. “Menunggu landasan pacu diperpanjang. Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba sudah melakukan pertemuan dengan Singapore Tourisme Board. Hasilnya Tiger Air dan Silk Air dijanjikan mendarat di Silangit,” kata Arie.

Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba akan mengelola 600 hektare lahan di dekat Bandara Sibisa, Toba Samosir. Badan tersebut telah menyiapkan skenario pengelolaan lahan dengan cara sewa 30 hingga 80 tahun. Sejumlah investor mancanegara, menurut Arie, berjanji membangun hotel di lahan yang dikelola Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba. “Pada 8 Maret 2017, kami akan melakukan pertemuan bisnis dengan Singapura,” ujarnya.

(Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Silangit sedang diperluas dalam rangka menunjang kawasan pariwisata Danau Toba. Awaluddin menyampaikan hal tersebut seusai rapat di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Februari 2017.

“Sekarang sedang progres perluasan area terminal dari 500 meter (persegi) menjadi 1.700 meter (persegi),” kata Awaluddin.

Menurut Awaluddin, perluasan tersebut akan membuat daya tampung bandara menjadi lebih banyak dari 15 ribu menjadi 500 ribu orang traffic passenger per tahun. “Jadi, ya, itu pergerakan penumpang setahun,” ucap dia.RN)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s