Harapan Baru dengan Semangat Baru

Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat. (Amsal 15 : 13) – Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. (Amsal 17 : 22)

Nababan Berdoa
Nababan Berdoa

Dua ayat firman Tuhan di atas kiranya dapat membangkitkan semangat kita memasuki tahun 2017. Tahun 2016 baru saja kita lewati, ada banyak pergumulan dan persoalan yang kita hadapi sepanjang tahun 2016 lalu. Mungkin dari antara kita ada yang kesulitan dalam hal keuangan, kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan, kesulitan dalam menjalin hubungan yang baik dengan sesama keluarga. Semua itu sudah kita tinggalkan di tahun 2016.

Sekarang saatnya kita buka lembaran baru di tahun 2017. Buatlah harapan baru dan wujudkan harapan itu dengan semangat baru yang dari Tuhan. “Karena itu hendaklah kalian bersuka hati, meskipun sekarang untuk sementara waktu kalian harus menjadi sedih karena kalian mengalami bermacam-macam cobaan.” (1 Petrus 1:6).

Bagaimana caranya kita mendapatkan semangat ? Semangat hidup bisa kita peroleh dengan memberikan semangat kepada diri sendiri atau kepada orang-orang lain. Alkitab menuliskan “Sebab saya ingin sekali bertemu dengan kalian supaya saya dapat membagi denganmu karunia dari Roh Allah untuk menguatkan kalian. Maksud saya ialah karena kita sama-sama sudah percaya kepada Yesus Kristus, maka kita dapat saling menguatkan.” (Roma 1:11-12).

Semangat bisa muncul dalam kehidupan kita sehari-hari ketika kita mengingat bagaimana Allah menuntun kita melampaui tahun 2016 dengan penuh sukacita. Tahun lalu mungkin banyak persoalan yang membuat kita lupa untuk berseru kepada Tuhan atau mengucap syukur kepada Tuhan. Akan tetapi, ketika memasuki tahun 2017 ini kita memiliki kesadaran untuk berserah kepada Tuhan, Tuhan tidak terus-menerus murka. Tuhan akan memberikan jalan keluar agar umat-Nya bisa memiliki semangat dan tetap bisa hidup di dalam pengharapan.

Ketiadaan jalan keluar dapat mengakibatkan keputusasaan. Itulah yang terjadi dengan umat Tuhan di pembuangan. Kekuasaan Babel begitu besar, sehingga dalam pandangan orang Israel sudah tidak ada jalan untuk lepas dari pembuangan. Sekalipun demikian, tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

Jalan yang tertutup harus dibuka dan batu sandungan harus disingkirkan agar umat Tuhan bisa melalui jalan itu. Tuhan bersemayan di tempat tinggi, tetapi juga bersama-sama dengan orang yang remuk dan rendah hati. Murka Tuhan tidak selamanya agar umat Tuhan tidak patah semangat. Tuhan hendak menyembuhkan, menuntun, memulihkan dengan penghiburan yang sejati. Tuhan-lah yang menciptakan puji-pujian serta damai sejahtera, juga bagi mereka yang jauh.

Memiliki semangat dalam menjalani hidup yang diberikan Tuhan kepada kita adalah salah satu cara terbaik bagi kita untuk tetap bisa bertahan dalam segala perkara. Masalah apa pun yang dulu membuat kita sampai jatuh bangun untuk menjalani hidup, sekarang saatnya menyerahkan hidup secara total kepada Tuhan. Godaan untuk meninggalkan Tuhan selalu saja ada dalam perjalanan hidup kita sepanjang tahun 2017 ini.

Allah itu Baik

Tuhan Yesus bersabda, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yohanes 14:6). Allah hanya memberikan satu jalan, yaitu Yesus Kristus. Inilah jalan umat Tuhan yang bebas dari batu sandungan. Meskipun Tuhan hanya menyediakan satu jalan, jalan ini pasti karena dijamin oleh firman-Nya.

Permasalahan kehidupan kita sangat kompleks dan kadangkala kita merasa berada di bawah kuasa yang kita tak dapat lolos. Ada kabar baik bahwa ada satu jalan untuk kita mengalami kuasa Allah, yaitu melalui Tuhan Yesus. Syaratnya, kita harus mau merendahkan diri di hadapan-Nya. Lupakan masa lalu yang membuat ego kita merasa lebih hebat dari siapa pun.

“Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa yang akan memulihkan semangatyang patah?” Amsal 18:14

Siapa saja bisa terkena musibah, siapa saja bisa mendapatkan persoalan yang sangat berat. Masalah yang datang tidak mengenal orang kaya atau miskin, tua atau muda, setiap orangselama hidup di dunia ini selalu berhadapan dengan berbagai persoalan. Setiap orang, terlepas dari status sosial, pendidikan, profesinya, dan bahkan sebagai hamba Tuhan pun tidak terluput dari yang na­manya pergumulan atau persoalan. Manusia harus berhadapan dengan masalah selama hidup di dunia ini. Setiap orang tentunya memiliki persoalan yang berbeda-beda.

Seperti disampaikan diawal renungan ini, mungkin di tahun 2016 Anda menghadapi persoalan sulit untuk mendapatkan pekerjaan, kesulitan dalam hal keuangan. Kita tidak boleh menyerah, walau badai apapun yang sedang menerpa. Sebab pencobaan yang kita alami tidak pernah melebihi kekuatan kita, seperti yang disebutkan dalam Firman Tuhan.

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya” 1 Korintus 10 :13

Serahkanlah semua kekuatiranmu kepada Tuhan dalam menjalani tahun 2017 ini. Ketika kita berseru kepada Tuhan dan meminta tuntunannya dalam menjalani hidup, satu hal yang harus kita tanamkan dalam hati kita yaitu PERCAYA. Percayalah bahwa Allah itu baik. Dia sahabat kita, dalam segala susah Dia selalu datang menghibur. Biasanya ada beberapa hambatan-hambatan dalam meraih sebuah keberhasilan.

Saat hari ini kita berusaha untuk mendapatkan uang atau lamaran pekerjaan ditolak oleh perusahaan kita cenderung memiliki sikap mudah putus asa, patah semangat, menyerah, keinginan untuk mundur, dan lain sebagainya. Kalau sikap seperti ini dibiarkan akan membuat seseorang menjadi frustrasi, dan tetap tinggal dalam masalahnya.

Di saat-saat hampir putus asa ini kita membutuhkan sebuah semangat untuk berjuang dan bangkit. Ketika kita yakin pertolongan Tuhan menyertai kita, percayalah bahwa kita akan sampai pada tujuan yang diinginkan. Apa pun harapan yang Anda sampaikan kepada Tuhan, wujudkanlah itu dengan semangat yang berpengharapan pada Tuhan. Amin.

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s