Bupati Tobasa Lantik Pejabat SKPD

Diantaranya : James Silaban Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Balige – Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir Darwin Siagian akhirnya merombak sejumlah pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Tobasa, termasuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda). Perombakan itu dituangkan dalam SK Bupati Tobasa Nomor 018, 019, dan 020 tahun 2017 yang disampaikan dalam bentuk pelantikan dan pengambilan sumpah sebanyak 33 orang pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati di Balige, Kamis (4/1).

Dalam acara itu diketahui, Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan, serta Dinas Pemuda dan Olah Raga di lebur. Kemudian ada penambahan seperti dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika.

Pejabat yang diganti sebagaimana SK Bupati Tobasa No 019 tentang Pengangkatan PNS dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, yakni, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) yang sebelumnya dijabat oleh Drs Audi Murphy Sitorus, sementara kosong. Sedang Drs Audi Murphy diangkat dalam jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Kemudian jabatan Kepala Dinas Pendidikan yang sebelumnya dijabat Drs Lalo H Simanjuntak juga kosong. Sedang Lalo H Simanjuntak diangkat dalam jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kemudian Jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan, Pembangunan Sumberdaya Alam dan Aset digantikan Drs Sangkap Pasaribu. Selanjutnya jabatan Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah digantikan Harapan Napitupulu SH. Jabatan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah digantikan Drs Arifin silaen. Jabatan Inspektur Daerah digantikan Drs Wallen Hutahaean. Drs Kasten Panjaitan MSI diangkat menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah. Ir Mintar Manurung diangkat menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Ganyang Situmorang SE diangkat menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Tito Siahaan SH diangkat menjadi Kepala Satpol PP. Drs Wilker Siahaan diangkat menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Perikanan. dr Rajaipan Ompatua Sinurat diangkat menjadi Kepala Dinas Sosial. Drs Tumpal Sianturi diangkat menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Darwin Sianipar MSi diangkat menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Herbet Sahat Parasian Pasaribu APt MSi diangkat menjadi Kepala Unsur Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Drs Rudi Hasiholan Sitompul diangkat menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Selanjutnya, sebagaimana SK Bupati Tobasa Nomor 020 tentang Pengangkatan PNS dalam jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas,
Yakni, Drs Marangkup Sinurat MM yang sebelumnya menjabat Sekretaris Badan Kesbangpolinmas diangkat menjadi Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Drs Jhon Maurits Siagian sebelumnya Sekretaris Camat Tampahan diangkat menjadi Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik , Drs Parlinggoman Panjaitan MM sebelumnya Kabid Kurikulum pada Dinas Pendidikan diangkat menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan, dan Freddy Adventus Panjaitan SSos MM sebelumnya Kasi Inventarisasi di Dinas Pendidikan diangkat menjadi Sekretaris Camat Tampahan.

SK Bupati Tobasa No 018 tahun 2017 tentang pengangkatan kembali PNS dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, yakni, Ir Jhon Piter Silalhi menjabat Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten, Resman Sirait SE Sekretaris DPRD, Drs Wasir Simanjuntak Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak, dr Pontas Humisar Batubara MKes Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, James Silaban Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Ultri Sonlahir Simangunsong ST MT Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dr Frida Sinaga Kepala Dinas Kesehatan, Bresman Simangunsong ST Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Drs Thamrin Simanjuntak MSi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah, Ir Pargaulan Sianipar Kepala Dinas Perhubungan, Marsarasi Simanjuntak SP Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Keperasi UKM, dan Ir Darlin Sagala Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

Terkait jabatan Sekda, Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian menyebutkan, jabatan tersebut bukan kosong. Tapi segera akan diangkat pejabat pelaksana tugas (plt), menunggu posisi tersebut terisi.

“Jabatan Sekda bukan kosong. Besok akan diangkat pelaksana tugas. Pastinya salah satu diantara mereka yang hari ini dilantik,” ujar Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian yang diwawancarai usai pelantikan.

Ditanya mengapa jabatan Sekda belum diisi, menurutnya, kebetulan dalam seleksi kompetensi PNS yang digelar beberapa waktu lalu, belum memenuhi syarat. Sehingga akan dilakukan kembali dalam waktu dekat untuk seleksi jabatan Sekda. “Kemarin itu, untuk jabatan Sekda belum memenuhi syarat, jadi batal. Untuk itu, akan di buka kembali seleksi dalam waktu dekat,” terangnya.

Saat melantik, Ir Darwin berpesan kepada pejabat yang dilantik untuk tidak takut pergantian pejabat. “Sisa waktu kita 4 tahun kedepan. Jadi tidak usah takut ada pergantian. Tidak ada Jumat kelabu. Bila perlu tidak ada pergantian. Untuk itu berikan hati dan pikiranmu, supaya apa yang kita cita-citakan tercapai. Kedepan mari kita jalin kerjasama ini, sehingga Tobasa Hebat tercapai di 2021 nanti,” ungkapnya sambari mengungkapkan akan segera dalam Januari ini dilaksanakan pelantikan eselon III, dan IV. (Ft)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s