Dicurigai Teroris, 11 Orang Sales di Tobasa Sempat Diperiksa Polisi

terorBalige – Sebanyak 11 orang sales dari Lampung sempat diamankan polisi di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Sumatera Utara. Mereka diamankan karena sempat dicurigai teroris oleh warga.

“Jadi kecurigaan warga sekitar tempat kontrakan warga Lampung disebabkan perkataan dari oknum yang tidak bertanggungjawab bahwa mereka adalah teroris yang melarikan diri dari Siborong-borong,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes (Pol) Rina Sari Ginting dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (6/12/2016).

Kesebelas orang yang sempat dicurigai sebagai teroris adalah S (42), J (48), Z (49), E (21). Kemudian FI (17), S (22), DS (30), DI (29), AR (24), AA (23) dan W (28).

Tapi berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, kesebelas orang tersebut sama sekali tidak terkait kegiatan terorisme seperti isu yang sengaja diembuskan.

“Dari hasil interogasi dan wawancara yang dilakukan oleh Satuan Intelkam Polres Tobasa, dan koordinasi dengan Densus 88 sampai saat ini belum dapat ditemukan bukti keterlibatan mereka dalam jaringan teroris,” tegas Rina.

Kesebelas orang dibawa polisi sekitar pukul 23.00 WIB, Senin (5/12). Mereka diketahui pernah mengontrak rumah di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Mereka kemudian mengontrak sebuah rumah di Tobasa selama satu bulan dengan sepengetahuan kepala lingkungan setempat.

“Mereka bekerja sebagai sales dan mekanik dari UD Tabet Jaya yang bergerak di bidang alat-alat rumah, pengaman kompor dan penghemat kompor yang berkantor di Jalan Raya Raden Intan Desa Negeri Jaya Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tangga Mus, Lampung,” terang Rina.

Saat berada di Tobasa, kesebelasnya menggunakan satu mobil dan 6 sepeda motor untuk menawarkan produk dagangan mereka. Mereka juga membuat peta lokasi untuk memudahkan kerja.

“Untuk melancarkan kerja, mereka membuat peta lokasi agar tidak terjadi kesalahan di lapangan,” sambungnya.

Polisi sudah melakukan konfirmasi ke pimpinan UD Tabet Jaya. Kesebelasnya dipastikan bekerja sebagai sales dengan dibekali surat tugas. (fdn/fdn)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s