Dana Desa di Parmonangan Diduga Mark Up

Parmonangan – Pelaksanaan dana desa Tahun Anggaran (TA) 2016 di beberapa desa di Kecamatan Parmonangan, Taput diprotes para tokoh dan masyarakat setempat karena diduga banyak dananya di mark up. Sebab, hasil pengerjaan dinilai tidak sesuai volume dengan anggaran yang digunakan.

“Kami sangat protes dengan pelaksanaan dana desa di Desa Hutatua, Kecamatan Parmongan yang tidak tepat sasaran. Oknum Kepala Desa David Manalu dengan sesuka hatinya mengarahkan pembangunan jalan berupa rabat beton ke perkampungan yang hanya dihuni satu rumah tangga, sementara masih banyak perkampungan lain yang padat penduduk,” sebutnya.

Bukan hanya itu, pelaksanaannya banyak yang asal jadi. Di desa kami hanya di beberapa tempat, sementara dana desa/ADD Hutatua Rp 661 juta. Jika dihitung dengan volume kerja berupa rabat beton yang dikerjakan di empat tempat, diperkirakan hanya sepanjang 650 meter.

“Itupun kualitasnya sangat rendah. Kami minta agar tim monitoring Bapemnas Taput, Inspektorat maupun aparat hukum turun ke lokasi agar oknum kades tidak sesuka hatinya dengan dana tersebut,” ujar para tokoh masyarakat Parmonangan Johan Silaban (52), Barmen Manalu (55), Parni Silaban (54), Rendi boru Manalu (55), Ramlan Hutasoit, Hitler Hutasoit, Dungo Sinaga dan Garas Manalu kepada sejumlah wartawan di Tarutung, Senin (5/12).

Johan Silaban, Barmen Manalu dan temannya mengatakan, pembangunan jalan desa berupa rabat beton tersebut dibuat tidak menggunakan tulangan besi. Cor semennya langsung ditimpa ke tanah. Sehingga sangat diragukan ketahanannya.

Sementara Camat Parmonangan Doni Simamora yang dikonfirmasi wartawan, Senin (5/12) terkait masalah itu mengaku akan memanggil para kades tentang kebenaran laporan masyarakatnya. “Saya akan cek dulu kebenarannya,” ujarnya. (as)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s