Sungguh Keji, Anak Bunuh Ayah Kandungnya di Garoga

garoga
Kiri Mayat Hulman Pane, kanan tersangka JP diapit Kapolsek Garoga AKP Parulian Sihombing Nababan

Garoga – Peritiwa pembunuhan menimpa seorang ayah bernama Hulman Pane (58), warga Dusun Gonting Hopo Desa Gonting Garoga, Kec. Garoga, Kab. Tapanuli Utara. Ironisnya, pelaku pembunuhan adalah anak kandungnya sendiri inisial Junaidi Pane (20) tahun.

Kapolres Taput, AKBP Dudus Harley Davidson, SIK melalui Kasubbag Humas Polres, Aiptu Walpon Barimbing, SH menerangkan jika kronologis kejadian bermula ketika ayahnya sedang minum tuak (minuman khas batak) di warung, lalu JP menyuruh ibunya untuk memanggil ayahnya.

Ketika ayahnya sampai di rumah, terjadi percekcokan antara tersangka dengan korban, yang membuat ibunya merasa takut sehingga melarikan diri ke rumah tetangga.

” Tersangka memukul korban dengan tangan, kaki sembari memakai kayu. Karena memang kondisi korban sedang mabuk, sehingga tak mampu melawan. Melihat korban tergeletak dan tak bernyawa, tersangka lalu melarikan diri ke kebun yang jauh dari pemukiman,” ungkapnya, Senin (05/12/2016) saat ditemui di ruang kerjanya.

Barimbing menambahkan hasil pemeriksaan, tersangka melakukan hal tersebut dikarenakan korban selalu minum tuak, dan ketika pulang, ibu dan tersangka selalu menjadi sasaran kemarahan korban.

” Kejadian itu terjadi pada hari Minggu (04/12/2016) sekitar pukul 19:00 WIB. Setelah mendapat informasi dari masyarakat, petugas Polres Taput bergabung dengan Polsek Garoga yang dipimpin Kapolsek AKP Parulian Sihombing Nababan melakukan olah TKP, melakukan pengejaran dan menangkap pelaku hari ini, sekitar pukul 11:00 WIB dari persembunyiannya,” sebutnya.

Dan, menurut pengakuan pelaku kepada polisi, ini merupakan puncak kemarahan Junaidi, dimana sebelum-sebelumnya pun, ayahnya yang bekerja sebagai penebang kayu, selalu minum tuak dan mabuk-mabukan. Dan, kalau pulang ke rumah, suka marah-marah kepada Junaidi dan kepada ibunya (istri korban).

Sementara, di Instalasi Jenazah RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar, Ronal Pane (33), anak korban, terlihat sangat shock atas kepergian naas bapaknya. “Nggak sangka aku, Pak. Bapakku, ikkon pajumpang mate ma hita ate (Bapakku, saat kau sudah meninggal lah baru kita jumpa),” ungkap anak korban yang juga abang pelaku sembari menatap jenazah ayahnya yang terbujur kaku. Saat diwawancarai, dia mengaku mengetahui peristiwa ini setelah ditelepon keluarganya.

“Saya di Medan kerja, Bang. Tahu kejadiannya karena dihubungi keluarga melalui telepon. Kami anak bapak semuanya enam orang, 2 laki-laki dan 4 perempuan,” ujarnya.

Dijelaskan, di kampung, yang tinggal adalah ayahnya (korban), ibunya dan adiknya (pelaku), yang merupakan anak bungsu.

Masih di tempat yang sama, Kapolsek Garoga AKP P Sihombing melalui Kanit Reskrim Polsek Garoga Aiptu Dodi Bastari membenarkan bahwa korban dibunuh anaknya yang paling kecil. Dikatakan, polisi masih menyelidiki motif pembunuhan dan saksi-saksi sedang diperiksa di Polsek Garoga.

Dia menambahkan, kepala sebelah kiri korban pecah dan barang bukti yang dipakai pelaku menghabisi korban belum ditemui seluruhnya.

Adapun barang bukti yang disita dari TKP diantaranya, 5 keping papan pintu rumah bagian depan, 1 helai selimut yang digunakan tersangka menutup tubuh korban, 1 unit handphone diduga milik tersangka merek black berry warna putih, 1 pasang sandal jepit milik tersangka dan 1 pasang sandal berwarna putih milik korban.

” Disamping barang bukti yang telah kita amankan, saksi – saksi sudah kita periksa, diantaranya Tono Manik (22), Kambang Pasaribu (55), Salomo Siburian (45) dan Tabita boru Nainggolan (60) yang kesemua saksi beralamat di Dusun Gonting Hopo, Desa Gonting Garoga, Kec. Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara,” pungkas Barimbing. (RN)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s