Pilkades se-Kabupaten Tapanuli Utara Segera Dimulai

Tarutung – Tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak untuk 40 desa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) telah dimulai. Dari 40 desa yang akan mengikuti pilkades serentak, termasuk di dalammnya delapan desa yang kemarin ditunda pelaksanaannya.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Eliston Lumbantobing mengatakan, tahapan pilkades serentak sudah dimulai. “Ada 40 desa yang akan masuk pilkades untuk tahun 2017 dan tahapannya dimulai sekarang,” ujar Eliston.

Dari 40 desa, delapan diantarannya yang ditunda pelaksanaannya, diantaranya Desa Hutauruk, Hutauruk Hansundutan dari Kecamatan Sipoholon, Desa Sitolu Ompu di Kecamatan Pahae Jae. Kemudian, Desa Siaro di Kecamatan Siborongborong, Desa Purba Dolok di Kecamatan Parmonangan, Desa Sigotom Julu dan Sibingke di Kecamatan Pangaribuan. Semuanya ditunda akibat ganggunan Kamtibmas.

“Kedelapan desa yang ditunda masuk dalam jadwal pilkades serentak yang akan dilakukan tahun depan. Untuk tahapan awal permohonan BPD kepada Bupati Taput untuk pilkades dan untuk pembentukan panitia pemilihan kepala desa,” imbuh Eliston. Selanjutnya, dilakukan pemutahiran data. Ada perubahan persyaratan dalam pemilihan kepala desa dibandingkan pilkades gelombang pertama.

“Perubahan itu diantarannya, untuk persyaratan calon kepala desa minimal usia 25 tahun ke atas. Masalah domisili, kalau sebelumnya harus bertempat tinggal di desa bersangkutan dengan kurun waktu yang ditentukan. Untuk pilkades kedepan cukup dibuktikan dengan KTP dan KK. Tidak perlu tinggal di desa bersangkutan, tapi minimal usia KTP 1 tahun,” ujarnya.

Kemudian, tidak ada lagi test akademik bila calon lebih dari lima, tapi harus melalui seleksi administrasi yang cukup ketat. “Kami berharap untuk pilkades serentak tahun depan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta tidak ada lagi bermasalah,” ucap Eliston. (tul/NT)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s