Bupati Taput Hadiri Rapat Kerja Rumah Tani Tapanuli

z1Tarutung – Rumah Tani Tapanuli (RUMATA) gelar Rapat Kerja penguatan kapasitas kelompok tani yang bergabung di Rumata, rapat kerja dilaksanakan di Wisma Kita HKI Tarutung, Sabtu (15/10/2016).

Roy sinaga ketua pelaksana Rapat Kerja dalam laporannya mengatakan “Peserta kelompok tani yang mengikuti rapat kerja hari ini 58 kelompok tani yang terdiri 8 dari 15 kecamatan di TapaUuli utara , Roy berharap agar seluruh peserta serius dalam mengikuti rapat kerja Rumata untuk menghasilkan kontribusi pemikiran demi kesejahteraan petani, Sebut Roy
Sementara itu Ketua Umum Rumata Rijon Manalu SPd K dalam sambutannya ” Rapat kerja bertujuan untuk menjawab pergumulan apa yang sudah kita lakukakan disaat pendamingan petani, mencari jalan keluar atau solusi konkrit atas pergumulan yang dialami petani dalam mewujudkan Visi -Misi Bupati Drs Nikson Nababan sebagai lumbung pangan.
Berbicara pengalaman Rijon mengakui di 2 daerah yang pernah dilakukan dirinya pendampingan yakni di Jawa barat, dan Kabupaten lembang menuturkan bahwa petani di dua daerah tersebut dapat mandiri dikenakan oleh petani disana mau serius bekerja sebagai petani dan jika ada bantuan dari pemerintah mereka memanfaatkannya dengan baik,
Diakuinya, persoalan petani di tapanuli utara adalah sebagian besar petani tidak mau serius bekerja sebagai petani, meskipun petani mendapatkan bantuan dari pemerintah justru tidak dimanfaatkan dengan baik, hal inilah yang perlu kita uji, rumuskan dalam rapat kerja rumata ini sebut Rijon mengakhiri.
” Kita sangat mengapresiasi Rumata yang turut serta dalam membantu para kelompok Tani di Tapanuli utara, kedepannya juga Rumata dan pemerintah harus bersinergisitas dalam mewujudkan pembangunan khususnya dalam bidang pertanian,” Ujar Bupati Taput Drs.Nikson Nababan mengawali sambutannya.
Nikson menambahkan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli utara saat ini sangat fokus di bidang sektor pertanian sebagai terobosan baru dalam kepemimpinnya Nikson menuturkan Pemerintah sudah memfasilitasi petani di Kabupaten Tapanuli utara berupa pemberian pupuk bersubsidi bayar pasca panen, memberikan alat-alat pertanian untuk pengolahan lahan petani secara gratis, juga kita sudah lakukan pasar lelang di Pasar Siborongborong dan Tarutung yakni pasar lelang Cabai dengan tujuan agar harga komoditi pasar merata dan petani pun diuntungkan, harapan kita nantinnya para petani memiliki roh, martabat dan bahkan juga nantinnya semakin terpandang di semua kalangan.
” Rumata juga harus membuat para kelompok tani yang dibina untuk melakukan studi banding khususnya bidang pertanian. Mengakhiri sambutannya Bupati Drs. Nikson Nababan membuka secara resmi pelaksanaan Rapat kerja Daerah Rumata”
Hadir dalam Rapat kerja Rumata diantaranya Kadis Pertanian Tonni Simangunsong. Kadispendidikan dan Bud Jamel Panjaitan. Kadis Perikanan/Peternakan Longgos Pandiangan. Tonny Silaen SPt ( Narasumber) Afzar Harianja SP ( Narasumber) dan ratusan anggota kelompok tani di Tapanuli Utara. (Dompak Sihombing)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s