Penggunaan Avtur Meningkat, Bukti Silangit Semakin Ramai

bandara-silangitTarutung – Penggunaan avtur di Bandara Silangit, Kabupaten Taput, meningkat setelah penetapan Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional.

Certifite Refueling Operator Bandara Silangit Sidik Darmawan mengatakan, pasca penetapan Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional, operasional penerbangan di situ semakin meningkat. Karena itu, konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat di Bandara Silangit juga semakin banyak.

Pada tahun 2013, pesawat yang landing di Bandara Silangit masih Susi Air dan Wings Air, komsumsi avtur hanya berkisar 16 kiloliter per bulan. Tahun 2014, jumlah konsumen avtur sempat menurun meski kapasitas penumpang dua maskapai penerbangan tersebut bertambah.

Dan, komsumsi di Bandara Silangit mulai meningkat pada tahun 2015, yakni 19 kiloliter per bulan. Peningkatan juga semakin bertambah sejak awal 2016, yakni 31 kiloliter per bulan dengan penjualan per hari berkisar 5-10 kiloliter.

eningkatan konsumsi avtur itu disebabkan beroperasinya Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air setelah penetapan Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional. Lain lagi dengan Pelita Air. “Namun operasional Pelita Air tidak berlangsung karena merupakan pesawat carteran,” katanya.Dikatakan, karena masih berkisar 30 kiloliter, keberadaan avtur di Bandara Silangit masih menggunakan tangki reguler, belum berupa tangki timbun.

Sementara, Oficer Communication and Relation Pertamina Marketing Operation Region I Aryayusa Dwicandra mengungkapkan, pihaknya belum membangun tangki timbun di Bandara Silangit karena masih berstatus bandara penghubung. Kalau penjualan sudah di atas 30 kiloliter, Pertamina akan membuat tangki timbun di Bandara Silangit, apalagi pihak Angkasa Pura II sudah mengizinkan untuk membuat tangki timbun. “Pihak Angkasa Pura II sudah mengizinkan membuat tangki timbun di Bandara Silangit,” ungkapnya.
Disiapkan Tampung Penerbangan Internasional
Pemerintah berencana memperpanjang landasan pacu (runway) Bandara Silangit dari saat ini sepanjang 2.200 meter, menjadi 2.400 meter hingga 2.500 meter. Proyek tersebut rencananya dimulai tahun 2017 demi mengakomodasi penerbangan mancanegara.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebut, perpanjangan landasan pacu ini diharapkan bisa menampung pesawat berbadan besar seperti Boeing 737-800. Dalam jangka panjang, diharapkan Bandara Silangit bisa menerima penerbangan internasional.

”Jika bisa menerima pesawat Boeing 737-800, maka minimal Bandara Silangit bisa dijangkau dari Singapura sebagai hub penerbangan internasional,” ujar Arief ditemui di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), baru-baru ini.
Selain itu, rencananya lebar landasan pacu juga akan ditambah dari 30 meter menjadi 45 meter. Sehingga, landasan pacu bisa menampung lebih dari satu pesawat Boeing dengan seri 737.

”Namun sampai sekarang kami masih belum menghitung kapasitas lengkapnya, nanti tergantung jumlah terminalnya,” tambahnya.

Selain memperpanjang landasan pacu Silangit, pemerintah juga akan mengembangkan Bandara Sibisa yang berjarak 12 kilometer dari Silangit untuk menampung wisatawan ke Danau Toba. Rencananya, landasan pacu bandara Sibisa akan diperpanjang menjadi 2.400 meter, sehingga bisa menampung pesawat Boeing seri 737-500.

Namun menurut Arief, saat ini perpanjangan landasan pacu Sibisa baru sebatas pelaksanaan studi kelayakan (feasibility study) dan pembangunan fisiknya baru bisa dimulai tahun depan. Bandara ini diharapkan bisa beroperasi penuh pada tahun 2019, demi mencapai target wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta pada periode tersebut.

”Pokoknya 2019 harus sudah mulai, dan itu bagus lah ya. Jadi memang mengerjakannya tidak boleh tidur,” lanjutnya.

Melengkapi ucapan Arief, Menko bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Bandara Sibisa sebisa mungkin harus sudah beroperasi pada tahun 2018. Namun sebelum itu, pemerintah memastikan infrastruktur di Sibisa terbangun dengan baik.”Untuk itu infrastruktur jalan dari Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Danau Toba harus jadi terlebih dahulu,” lanjutnya. (tul/int/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s