Jeritan Hati Korban Kebakaran Humbagas, “Pak, Bantulah Kami!”

humbahasDoloksanggul – Korban kebakaran satu gudang dan tujuh rumah di Jalan Pemuda, Doloksanggul, Sabtu (8/10) lalu, mengharapkan bantuan para dermawan dan pemerintah untuk membatu merenovasi ulang tempat tinggal mereka agar bangkit dari keterpurukan saat ini.

“Kami terbuka menerima bentuan dari pihak manapun yang mau perduli meringankan beban kami untuk membangun kembali rumah yang ludes terbakar,” ujar Marnala Lumbanbatu, salah seorang korban saat dihubungi wartawan, Minggu (9/10).

Marnala mengatakan, kabakaran yang menghanguskan satu gudang dan tujuh rumah itu membuat seluruh harta bendanya tidak ada yang bisa diselamatkan.

“Kami harap ada bantuan dari pemda, minimal untuk membangkitkan keterpurukan kami saat ini,” ujarnya. Diketahui, sehari pasca kebakaran, Pemkab Humbahas belum memberikan bantuan sama sekali.

Senada diungkapkan Togi Lumbangaol, korban lain. Katanya, bersama korban lainnya, mereka kini terpaksa menumpang tinggal di rumah kerabat dan tetangganya menunggu rumahnya yang ludes terbakar dibangun kembali.

“Jangankan harta benda, kebutuhan pokok kami saja sangat terbatas. Uang pun belum ada membangun rumah. Jadi sementara ini korban menumpang di rumah keluarga,” ucapnya.

Dia mengakui bahwa sejauh ini mereka baru dapat bantuan sekedar dari warga sekitar saja. “Sebagai wujud rasa kepedulian, memang sudah ada sebagian keluarga yang datang. Kami tidak melihat dari jumlahnya, namun rasa keikhlasan dan kepeduliannya saja. Terimaksih atas bantuan dan kepeduliannya, semoga Tuhan membalas kebaikan mereka,” ujarnya.

Togi mengaku bahwa mereka masih bimbang melakukan aktifitas. “Sejauh ini belum ada melakukan rutinitas karena masih bimbang. Kami akan tenang ketika sudah ada tempat tinggal yang tetap,” ujarnya.

Sementara, Pemkab Humbahas sejauh ini masih melakukan pendataan ril di lapangan untuk mengetahui angka kerugian yang timbul. “Angka pasti kerugian dampak dari kebakaran belum ada. Sebab kita masih melakukan pendataan dan penghitungan di lapangan. Namun diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah,” kata Kesbangtibum Humbahas Hotman Sinaga.

Dia juga mengatakan bahwa bantuan masa panik belum ada. Namun pihaknya akan berusaha agar para korban kebakaran bisa bangkit dari keterpurukan.Sebelumnya diberitakan, satu unit gudang dan tujuh rumah warga di Jalan Pemuda, Doloksanggul, Humbahas, ludes terbakar, Sabtu (8/10) dini hari.

Adapun gudang yang terbakar disebut sebut milik Dorma Pasaribu, kemudian 1 unit rumah milik A Torang Pura, 1 unit milik A Duma Simamora, 1 unit milik Marnala Lumbanbatu. Kemudian 1 unit rumah milik A Loren Samosir, 1 unit milik Op Taripar Manalu, 1 unit rumah milik A Oslen Purba dan satu unit milik Togi Lumbangaol.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran, namun menurut informasi, api diduga berasal dari salah satu dapur arah rumah korban A Duma Simamora.Kondisi rumah yang gandeng dan berbahan kayu itu menyebabkan kobaran api begitu cepat membesar dan menjalar ke rumah di sekitarnya.

Empat unit mobil pemadam kebakaran yang datang sempat jadi sasaran cemoohan warga karena terlambat datang ke lokasi.Petugas sempat kewalahan menjinakkan sijago merah karena saat kejadian angin begitu kencang, ditambah kepanikan warga yang berteriak teriak. (bl/sht/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s