7 Rumah Terbakar di Doloksanggul

kebakaranDOLOKSANGGUL- “Nga matutung napinukkamon inong (Sudah ludes terbakar rumah peningalanmu ini Ibu),”

Demikian teriakan Marnala Lumbanbatu, warga Doloksanggul setelah melihat rumah peninggalan orangtuanya di Jalan Pemuda Doloksanggul, ludes terbakar, Sabtu (8/10) dinihari sekitar pukul 04.00 WIB.

Dia dan beberapa keluarga korban kebakaran yang menghanguskan gudang milik Dorma dan 7 rumah semi permanen itu tidak banyak bercerita dan masih terlihat syok.

Dia juga menyebutkan kalau semua harta benda orang tuanya itu ikut terbakar. “Tidak ada yang bisa kami selamatkan, semua telah ludes terbakar dalam sekejap. Padahal di rumah ini saya dan bersama abang, adik dan kakak saya dibesarkan sejak tahun 1960 silam,” isak Marnala memandangi arang sisa kebakaran.

Tanpa daya, para keluarag korban hanya bisa menangis melihat rumahnya itu dijilati api hingga ludes terbakar.

Bahkan ada yang sempat pingsan setelah mengetahui rumah dan harta benda miliknya sudah tiada. Namun dia segera dipapah kerabatnya sembari turut menagis.

Bunyi sirene mobil pemadam kebakran yang nyaring terdengar seakan membuat keluarga korban makin histeris. Begitu juga dengan warga sekitar ikut menjerit minta tolong dan memanggil nama Tuhan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, akan tetapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Saat ini petugas masih melakukan pendataan terhadap warga. Namun dari data sementara sedikitnya satu gudang dan tujuh rumah terbakar.

Ada pun gudang yang terbakar itu disebut sebut milik Dorma Pasaribu, kemudian 1 unit rumah milik A Torang Pura, satu pintu milik A Duma Simamora, satu pintu rumah milik Marnala Lumbanbatu.

Kemudian satu pintu rumah milik A Loren Samosir, 1 pintu milik Op Taripar Manalu, 1 pintu rumah milik A Oslen Purba dan satu pintu rumah milik Togi Lumbangaol.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran itu. Namun menurut informasi, api diduga berasal dari salah satu dapur arah rumah korban atas nama A Duma Simamora.
Kondisi rumah yang gandeng dan berbahan kayu itu, menyebabkan kobaran api begitu cepat membesar dan menjalar ke rumah di sekitarnya.

Empat unit mobil pemadam kebakaran yang datang sempat jadi sasaran cemoohan warga, karena dinilai terlambat kedatangan ke lokasi.

Petugas sempat kewalahan menjinakkan si jago merah, karena saat kejadian angin begitu kencang ditambah kepanikan warga yang terus-menerus berteriak.

Warga dan petugas pemadam berjibaku menyemprotkan air. Banyaknya warga yang berkerumun menonton peristiwa kebakaran itu menghambat laju mobil pemadam ke titik api. Sekitar satu jam kemudian api berhasil dipadamkan.

Togi Lumbangaol salah seorang korban lain mengatakan, saat kejadian ia berada di dalam rumah. Karena ada teriakan kebakaran ia pun langsung keluar.

“Apinya cepat membesar. Kita semua kewalahan memadamkan api yang sudah menjalar kemana-mana,” terangnya.

Kasubag Humas Polres Humbahas, IPDA R Sianipar saat dikonfirmasi, membenarkan peristiwa tersebut.

Penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihaknya dengan memintai keterangan dari sejumlah saksi.

Dia menyebutkan kalau, pihaknya telah melakukan olah TKP dan telah mengamankan sebagian bahan bangunan yang hangus terbakar sebagai barang bukti.

“Sejauh ini kita masih melakukan penyelidikan apa yang menjadi penyebab kebakaran tersebut. Namun begitu, kita langsung melakukan olah TKP mengecek dan mengamankan TKP. Dari hasil cek TKP diperkirakan kerugian materia mencapai ratusan juta rupiah,” ucapnya.

Sementara, kepolisian memasang garis polisi di seputar lokasi kebakaran. Mereka masih menyelidiki penyebab peristiwa itu. (bl/sht)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s