Menko Luhut Panjaitan Kembali Tinjau Lokasi Pembuatan Taman Bunga Nusantara di Humbahas

luhutDoloksanggul – Menteri Koordinasi (Menko) Kemaritiman dan Sumber Daya RI, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan kembali berkunjung ke lokasi rencana pembuatan taman bunga Nusantara di Dusun Panoguan Solu, Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (16/9).

Luhut Panjaitan bersama istri Br Simatupang dan rombongan tiba di lokasi menggunakan pesawat helikopter dari Bandara Silangit dan disambut Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama istri Kristina Panjaitan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para pimpinan SKPD dan tokoh masyarakat.

Setiba di lokasi, Luhut Panjaitan yang saat itu bersama salah seorang pengusaha sukses Indonesia bernama Apeng langsung disambut dan diulosi para tokoh masyarakat sebagai bentuk ungkapan terimakasih dan kebanggaan masyarakat atas kedatangannya ke daerah itu untuk kedua kalinya.

Dalam sambutannya, Luhut menyampaikan tujuannya datang ke daerah itu untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu dalam hal pengembangan kawasan pariwisata Danau Toba. “Tujuan saya datang ke mari sebagai tindaklanjut kunjungan Presiden Jokowi kemarin. Nah sekarang sudah ada beberapa program mengenai ini, yaitu penyiapan infrastruktur dan sedang berjalan. Presiden juga menginstruksikan dalam lima tahun ke depan Rp20 triliun dana yang akan dikucurkan ke sini, Rp10 triliun dari pemerintah dan Rp10 triliun dari pengusaha (investor-red),” kata Luhut Panjaitan.

Pada kesempatan itu, Luhut memperkenalkan salah seorang pengusaha sukses Indonesia asal Tebingtinggi yang merupakan salah satu dari 20 orang terkaya di Indonesia yang nantinya akan berinvestasi di kawasan Danau Toba bersama enam orang temannya.

“Pak Apeng ini orang Tebingtinggi. Jadi dia bilang sama saya, Pak Luhut, saya dengan teman-teman yang dari Sumatera Utara ini, berkumpul ingin berinvestasi di sini. Jadi saya bilang, kamu lihat dulu, sebelum kamu putuskan. Tadi pas waktu di atas pesawat, dia bisikkan. Pak Luhut ini harus jadi ini,” kata Luhut menirukan pernyataan Apeng.

Lebih lanjut Luhut menjelaskan, para pengusaha seperti Apeng itu nantinya akan membangun hotel bintang lima sampai bintang enam dan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Sementara pemerintah kewajibannya menyiapkan infrastruktur seperti jalan, bandara dan ketersediaan air dan listrik. Untuk hal itu, pemerintah telah fokus membenahi Bandara Silangit dan Bandara Sibisa.

“Landasan Bandara Silangit itu akan diperpanjang sampai 3600 meter, lebarnya 45 meter. Untuk terminalnya kemarin Presiden sudah putuskan, itu harus bisa menampung 350.000 orang per tahun bahkan 500.000 per tahun, karena target turis untuk Danau Toba ini 1 juta orang. Targetnya 2019-2020 itu harus tercapai,” jelas Luhut.

Ditambahkannya, selain membenahi kawasan Danau Toba, saat ini pemerintah pusat juga sedang memfokuskan diri membenahi kawasan wisata Labuan Tanjung. Menurut dia, ada beberapa hal penting yang harus dimiliki suatu daerah agar dikunjungi para wisatawan, yaitu infrastruktur seperti jalan, bandara dan listrik, resort dan hotelnya, infrastruktur lain dan terakhir SDM.

“Keinginan pemerintah untuk membuat ini bagus, bukan mimpi. Ini betul-betul ingin dilakukan secara serius. Bayangkan Presiden sudah empat kali datang berkunjung ke kawasan Danau Toba. Itu merupakan bentuk keseriusan dan belum pernah dalam sejarah RI, Presiden datang berturut-turut ke mari. Di sini juga saya sampaikan, kemarin di mobil Beliau bilang sama saya, Pak Luhut, Danau Toba harus jadi. Nah saya mau sampaikan, kita orang Batak ini harus menyambut sikap itu dengan kompak. Orang Batak itu harus kompak. Tapi kadang-kadang orang Batak ini repotnya suka tak kompak. Suka bilang, ‘akh… aha di si’. Ditambah lagi, mungkin bahasa Bataknya kasar lagi. ‘Akh.. godang sisongoni’. Jadi, kalau orang mau berbuat, kita harus menyambut dengan baik. Kita harus ramah tamah, karena orang yang mau berinvestasi itu pengennya aman,” katanya.

Di akhir sambutannya, Luhut mengajak seluruh masyarakat untuk bekerjasama dan menjaga kekompakan mendukung program pemerintahan mengembangkan kawasan Danau Toba menjadi destinasi pariwisata internasional. “Yang pasti, masyarakat itu harus sejahtera. Nanti mungkin kapal pesiar kita buat dan tata dengan bagus. Putra-putri kita bisa main di situ. Lapangan kerja kita ciptakan, pendidikan kita majukan. Sehingga dengan demikian, kesejahteraan di daerah ini bisa berkembang dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Apeng pada kesempatan itu menyampaikan kagum melihat keindahan Danau Toba dan siap untuk berinvestasi. “Kemarin Pak Luhut ajak saya berkunjung ke Danau Toba. Tadi saya lihat dari atas helikopter, saya lihat, wah… ini sayang yah. Pemandangan begitu bagus, kenapa tidak dibangun. Saya akan bawa teman investor yang punya pengalaman di bidang pariwisata. Saya minta masyarakat di sini untuk mendukungnya. Saya melihat yang penting di sini, keindahan lokasi ini tetap dijaga dengan bagus, begitu juga dengan keamanannya. Nanti kalau ini jadi, wisatawan dari Singapura, Malaysia akan datang, tidak jauh-jauh lagi ke Bali. Saya yakin ini harus jadi,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor kepada SIB menyampaikan, terimakasih atas kunjungan Luhut Panjaitan bersama rombongan. Menurut dia, kedatangan Luhut itu telah menunjukkan keseriusan pemerintah pusat untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia secara khusus di Kabupaten Humbahas.

“Kunjungan Beliau untuk menindaklanjuti kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Humbahas pada tanggal 22 Agustus lalu, untuk membuat taman bunga Nusantara di Dusun Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta. Kita minta dengan sangat kepada semua masyarakat Humbahas dan anak perantau untuk bersama-sama bekerja keras, agar program pemerintah bisa terwujud di Humbahas. Terkait masalah lahan, kita tidak perlu mempermasalahkan milik siapa, lahan masyarakat tidak akan ada masalah dan akan tetap menjadi milik mereka,” jelas bupati. (F02/h)

Iklan

Satu pemikiran pada “Menko Luhut Panjaitan Kembali Tinjau Lokasi Pembuatan Taman Bunga Nusantara di Humbahas

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s