Bupati Tapanuli Utara Ucapkan Selamat Kepada Ephorus Baru HKBP

2bTarutung – Sinode Godang (sidang sinode) HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) pada 12-18 September 2016 yang berlangsung di Auditorium Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, telah melahirkan ephorus (pucuk pimpinan tertinggi) baru, yakni Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing Mh. Pendeta senior ini berhasil memenangkan pemilihan ephorus setelah mengikuti dua putaran yang berlangsung seru dan menarik.
Terpilihnya Pdt. Darwin dengan perolehan 924 suara setelah menyisihkan Pdt. Dr. Robinson Butarbutar yang meraih 641 suara disambut gembira oleh anggota jemaat HKBP di Tanah Air. Dan Sinode Godang HKBP 2016 ini pun menjadi perbincangan di medsos (media sosial), kalangan Batak Kristen, media-media Kristiani, dan tokoh-tokoh masyuarakat Batak. Soalnya, HKBP adalah organisasi keagamaan terbesar ketiga di Indonesia setelah NU dan Muhammadiyah. Tak ayal, kalau organisasi keagamaan ini menarik dicermati, bagi petinggi parpol dan petinggi negeri ini.

Memang di event sinode godang ini, ada pula anggota jemaat dan pendeta HKBP yang kecewa, karena yang dijagokan sebagai ephorus kurang beruntung menang. Namun, dengan segala kelebihan dan kekurangannya Sinode Godang HKBP ini boleh dibilang telah berjalan lancar, demokratis dan dinamis. Dan Pdt. WTP Simarmata, M.A. dan Pdt. Mori Sihombing, M.Th sebagai Ephorus dan Sekjen HKBP periode 2012-2016 boleh disebut sukses menggelar sinode godang ini.
Setelah Pdt. Darwin Lumbantobing terpilih sebagai orang nomor satu di gereja terbesar di Indonesia dengan anggota jemaat 3,5 juta jiwa ini, anggota jemaat HKBP yang juga Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan pun langsung menyampaikan selamat kepada Pdt. Darwin Lumbantobing. Nikson Nababan yang dikenal figur nasionalis, religius dan humanis, sebelumnya telah menyampaikan kepada Majalah NARWASTU, bahwa Ephorus HKBP yang baru harus bisa membuat Gereja HKBP sebagai organisasi keagamaan yang berwibawa, disegani dan terus menyuarakan suara moral atau suara kenabian di negeri ini.
Nikson Nababan yang termasuk dalam “21 Tokoh Kristiani 2014 Pilihan NARWASTU” mengharapkan dan mendoakan agar HKBP semakin mampu berbuat sesuatu untuk kebaikan di negeri tercinta ini di era Ephorus HKBP baru ini. Sebelumnya, Nikson Nababan yang akhir-akhir ini banyak mendapat penghargaan dari berbagai lembaga, karena berprestasi dalam membangun Tapanuli Utara, menuturkan, pemimpin gereja itu harus bisa menjadi teladan dan menyampaikan Firman Tuhan yang menguatkan dan memotivasi jemaat.
“Dan Ephorus HKBP harus berani dan jangan mau dikendalikan siapapun. Pemimpin spiritual seperti di HKBP itu mesti dikendalikan Roh Kudus, mampu menjaga kekudusan, sehingga apa yang disampaikan dari mimbar didengar anggota jemaat,” ujar mantan Pemimpin Umum Tabloid Sumut News dan mantan Pemimpin Redaksi Majalah Bona Ni Pinasa ini. Nikson Nababan baru-baru ini juga sudah mendapat penghargaan dari MNC Group dan surat kabar Seputar Indonesia (Sindo) sebagai “Bupati Inovatif di Indonesia.” TB

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s