Natal Nasional Lebih Layak di Tarutung

Tarutung – Para tokoh agama dan pimpinan gereja, yakni Pdt Dr SAE Nababan LLd, Pdt WTP Simarmata MA (Ephorus HKBP), Pdt Ramlan Hutahaean MTh (mantan Sekjen HKBP) mengatakan bahwa pelaksanaan Natal Nasional pada 27 Desember 2016 yang kali ini akan dipusatkan di Sumatera Utara, lebih layak di Tarutung, Tapanuli Utara (Taput), bukan di Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Secara historis maupun sisi potensinya, Tarutung sangat memungkinkan.

Apalagi, HKBP merupakan gereja terbesar di Asia Tenggara yang sudah mempunyai jemaat puluhan juta yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri, dan pusatnya di Pearaja, Tarutung.“Secara histories, Tarutung merupakan awalnya penyebaran ke-Kristenan di tanah Batak oleh Dr IL Nomensen. Itu ada di Huta Dame Sait Nihuta, Kecamatan Tarutung.

Selain itu, Pearaja Tarutung merupakan lokasi Kantor Pusat HKBP, termasuk berbagai fasilitas yang akan diperlukan. Bisa saja Natal Nasional 2016 itu dilaksanakan di Seminarium Sipoholon, Taput, yang selalu dipakai pada Sinode Godang HKBP. Kalau saya ditanya, mana yang lebih layak, sudah pasti di Tarutung. Tetapi kenapa akan dilaksanakan di Doloksanggul ? Mari kita tanyakan dulu kepada bupati, kenapa itu,” ujar Pdt Dr SAE Nababan yang merupakan mantan Wakil Ketua Komite Central Dewan Gereja se-Dunia (DGD) dan Wakil Presiden LWF( Federasi Lutheran se-Dunia), Selasa (13/9) usai mengikuti pembukaan Sinode Godang HKBP 2016.

Pendeta yang juga mantan Ephorus HKBP itu juga sempat terkejut saat mendengar pelaksanaan Natal Nasional 2016 diselenggarakan di Doloksanggul yang merupakan kabupaten pemekaran Taput.“Baru ini saya dengar informasi tersebut. Sebaiknya kita tanyakansaja bupati dulu. Dimana saja pun dilaksanakan Natal Nasional, itu sama saja hikmahnya. Namun, seharusnya yang paling layak itu di Tarutung, yang merupakan pusat penyebaran pekabaran injil para missionaries, seperti DR IL Nommensen. Itu menurut saya,” ujar DR SAE Nababan.

Sedangkan Ephorus HKBP 2012-2016 Oppui Pdt WTP Simarmata MA menegaskan, Tarutung merupakan tempat paling layak untuk pelaksanaan Natal Nasional 2016. Dari sisi potensinya, historisnya maupun dari sarana dan prasarana yang dibutuhkan, Tarutung lebih layak.“Itu sudah jelas, sebab Tarutung merupakan kota wisata rohani dan ratusan tahun yang lalu tempatnya para missionaris menyebarkan pekabaran injil di tanah Batak,” ujarnya.Sementara, Pdt Ramlan Hutahaean MTh (mantan Sekretaris Jenderal HKBP) dan Pdt Puji Aritonang MTh (mantan Kabiro Informasi HKBP) menegaskan, sebelum memutuskan tempat yang paling layak, seharusnya harus berdasarkan pertimbangan matang dan melihat dari berbagai aspek, khususnya aspek historis ke-Kristenan di wilayah tanah Batak atau Tapanuli Raya.

“Jika memang sudah ada SK dari Menteri Agama menyangkut tempat pelaksanaan Natal Nasional, masih bisa ditinjau kembali dengan berbagai pertimbangan. Presiden ataupun Menteri Agama masih dapat meninjau kembali SK tempat pelaksanaan Natal Nasional 2016 tersebut,” tegas Pdt Ramlan.Dia juga meminta pemerintah daerah kawasan Tapanuli Raya dapat memberikan gambaran secara bersama menyangkut pelaksanaan Natal Nasional 2016 kepada pemerintah pusat.

“Yang mengetahui historisnya, seperti penyebaran injil oleh missionaris ke-Kristenan di tanah Batak, adalah peemerintah daerah, bukan Pemerintah pusat. Kita bukan bermaksud agar di sana atau di sini, toh tahun lalu pun, Natal Nasional dilaksanakan di provinsi lain. Namun untuk Natal Nasional 2016 yang dipercayakan di wilayah Tapanuli Raya, Sumatera Utara, selayaknya harus di Tarutung, bukan di Doloksanggul. Jika di sana, barangkali masih banyak yang akan dibenahi, termasuk tempatnya, karena memang begitulah kondisi daerah itu. Namun jika di Tarutung, sudah tersedia berbagai fasilitas untuk pelaksanaan Natal Nasional. Kita harus berpikiran jernih, apalagi dalam pelaksanaan Natal yang penuh damai dan kemuliaan,” ujar Pdt Ramlan Hutahaean MTh. (as/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s