Ini Dia Profil Para Calon Ephorus 2016-2020

Sipoholon – Dari semua agenda Sinode, pemilihan ephorus baru jelas yang paling ditunggu-tunggu. Ephorus yang terpilih nantinya akan menggantikan Ompui Ephorus Pdt Willem TP Simarmata untuk masa jabatan 2016-2020.

Lalu siapa saja yang bakal bertarung untuk kursi HKBP-1 nantinya? Setidaknya, sudah ada lima nama yang muncul sebagai bakal calon. Namun, seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin akan ada nama-nama baru.

Berikut nama bakal calon Ephorus HKBP 2016-2020:

    1. Pdt Robinson Butarbutar, adalah salah satu yang sudah mendeklarasikan pencalonannya sebagai Ephorus HKBP 2016-2020.
      Dosen STT HKBP ini dikenal sudah melayani di tiga benua Asia, Afrika, Eropa saat bekerja di United Evangelical Mission (UEM) dari utusan HKBP.

Putra dari  J Butarbutar dan T boru Pardede ini lahir pada 1 Januari 1961 di Bah Jambi, Kabupaten Simalungun. Di daerah itu dia juga melewati masa kecil hingga SMP.

Sementara Pendidikan Guru Agama di Pematangsiantar. Dia kemudian Sarjana Muda Teologi, tahun 1985, dilanjutkan Sarjana Teologi, tahun 1987 di STT HKBP Pematangsiantar.

Robin, sapaan akrabnya meraih gelar Master of Arts (MA) dalam bidang Penafsiran Alkitab tahun 1990 di London Bible College, Inggris.

Dia juga meraih gelar Doktor Teologi tahun 1999 di Trinity Theological College, Singapura, dengan Tyndale House Cambridge, Inggris sebagai tempat penelitian lanjut.

  1. Pdt Darwin Lumbantobing, kini menduduki jabatan Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP, jabatan sama yang pernah diduduki Ompui Ephorus WTP Simarmata sebelum terpilih jadi Ephorus HKBP 2012-2016.

Karena alasan itu, banyak pihak menilai kans Darwin menjadi pucuk pimpinan HKBP selanjutnya cukup besar.

Dalam rangka Sinode Godang HKBP yang akan digelar 12-18 September 2016, Darwin mengimbau jauh-jauh hari agar tetap mempererat tali persaudaraan, parhahamaranggion, sesama pendeta HKBP.

“Jangan ada yang membiarkan seseorang melakukan suatu tindakan yang dapat menyulut konflik!” tegasnya dalam sebuah kesempatan.

  1. Pdt Saut Sirait, kini menduduki jabatan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Pengawas Pemilu (DKPP).

Pria kelahiran Paparean, Porsea, 24 April 1962 ini dikenal dekat dengan mantan Ephorus Pdt. DR S.A.E Nababan. Bahkan, banyak yang menganggapnya seperti anak angkat Nababan.

Saat konflik HKBP pada 1992, Saut mendapat tugas khusus dari Nababan untuk terjun sebagai aktivis pergerakan menumbangkan Orde Baru.

Aktif puluhan tahun di organisasi pergerakan memperjuangkan demokrasi, Saut pernah menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2010.

Saat menjabat KPU, dia dikenal pernah mengembalikan uang gratifikasi dari mantan Bupati Nias Selatan, Fawusa Lala.

  1. Pdt. David Sibuea, lahir di Desa Sosor Parlombuan Sibuea, Kecamatan Laguboti, Tapanuli Utara, Sumatera Utara 8 Juni 1957.

Pria bergelar doktor ini kini menjabat Praeses Distrik 25 Jambi.

Selama 27 tahun melayani sebagai pendeta, David sedikitnya sudah menulis tiga buku.

Pertama berjudul ‘Citra dan Misi Penggembalaan’ yang ditulis saat dia menjabat Pendeta HKBP Ressort Kebayoran Jakarta pada 2004.

Kedua berjudul ‘Renungan Syukur Kepada Tuhan’. Ketiga, buku ‘Renungan Syukur Kepada Tuhan’ yang ditulis saat menjabat Pendeta HKBP Ressort Tebet Jakarta tahun 2007.

  1. Pdt. Aram Ompusunggu, saat ini bertugas menjadi Pedeta Resort di Balata, Kabupaten Simalungun.

Sementara, pendeta yang sudah menyatakan siap menjadi sekjen antara lain Pdt Midian KH Sirait MTh, Pdt Daniel Harahap MTh, Pdt Martunas Manullang, Pdt Maulinus Siregar STh, Pdt Dr Martongo Sitinjak, Pdt Dr Fritz Sihombing, Pdt Freddy Tinambunan  STh  MM.

Seperti diketahui, total ada 1.584 suara yang akan diperebutkan dalam forum tertinggi HKBP ini.

Menurut informasi yang dihimpun, mereka yang mempunyai hak suara yakni ephorus, sekjen, 3 kepala departemen, 30 praeses, MPS 2012-2016, pendeta ressort, seorang sintua utusan setiap ressort (731 ressort), KRP, 2 utusan guru huria, 2 utusan bibelvrouw, 2 utusan diakones, pimpinan panca lembaga dan badan audit, Balitbang, badan usaha dan badan pendidikan HKBP. (bg/int)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s