Sinode Godang ke-63 HKBP Harus Jadi Berkat Bagi Dunia

sinodeSipoholon – Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-63 resmi dibuka oleh Ompui Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA, Selasa (13/9) di Gedung Auditorium HKBP Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara (Taput).
Sinode Godang dibuka pada pukul 11. 00 WIB dengan pemukulan lonceng oleh Ephorus. Namun, sebelumnya dilakukan ibadah pembukaan dengan pengkhotbah Pdt Agustinus Purba STh MA yang merupakan Ketua Moderamen GBKP (Gereja Batak Karo Protestan).
Dalam khotbahnya, Pdt Agustinus Purba menegaskan bahwa HKBP harus merespon panggilanNya sebagai berkat bagi dunia, bagi Indonesia dan bagi jemaat, dengan bersungguh-sungguh menjalankan diakonia, marturia dan kononia.

Kebaktian juga diiringi nyanyian kidung jemaat dan koor Ama serta koor Ina HKBP dengan tema “Marsikolah Ma Hamu Tongtong Mangoloi Jahowa (Josua 23:3)”.
Effendi Simbolon yang mewakili jemaat HKBP mengharapkan agar organisasi tidak seperti partai politik, terutama dalam pemilihan pimpinan. “Politisi itu setengah manusia setengah begu (setan). Berbeda dengan pendeta, setengah manusia setengah malaikat,” ujar angggota DPR RI ini.
Selanjutnya, Bupati Taput Drs Nikson Nababan dalam sambutannnya mengungkapkan, jelang Sinode Godang, terdengar ada istilah yang dipakai dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada seperti adanya tim sukses (TS) dan togu-togu ro atau undangan, agar datang ke pesta.
“Di pesawat, sesama peserta Sinode Godang tidak bersapaan, mungkin karena beda pilihan. Ada kesenjangan dalam Sinode Godang. Ke depan, hal ini diharapkan tidak terjadi, perlu ada kajian proses pemilihan pimpinan,” harap Nikson
Sementara, Oppui Ephorus WTP Simarmata mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan.
Pantauan wartawan dilokasi, Sinode Godang diikuti 1.491 peserta dari 1.591 peserta. Sinode Godang yang bertujuan memilih pucuk pimpinan tertinggi gereja terbesar di Asia Tenggara ini turut dihadiri mantan pimpinan HKBP, seperti Ephorus Emiritus Dr SAE Nababan LLd dan Ephorus Emiritus Dr Bonar Napitupulu. Juga dihadiri anggota DPR RI Nurdin Tampubolon, Tri Medya Panjaitan. Selain itu, juga hadir beberapa kepala daerah, yakni Bupati Toba Samosir Drs Darwin Siagian, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Walikota Sibolga Syafri Hutauruk. (as/ara)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s