Pergunakan Dana Desa Sesuai RAB

Tarutung – Kepala Badan Pemdes Eliston Lumbantobing mengingatkan seluruh kepala desa maupun Plt kepala desa se-wilayah Taput, untuk tidak mempergunakan anggaran Dana Desa di luar daripada hasil musyawarah desa. Jika ada masalah dihadapi seluruh aparat desa dengan masyarakat,  harus diutamakan melakukan musyawarah.

“Jangan takut terhadap oknum-oknum yang mencoba menggerogoti anggaran Dana Desa. Karena Dana Desa telah diatur sesuai peruntukannya. Jadi, jika ada yang minta bagian dengan mengatasnamakan pengawas jangan layani, jika tidak ingin masuk penjara. Tapi pergunakan anggaran sesuai dengan RAB (rancangan anggaran biaya) yang telah dimusyawarahkan,” ujar Eliston.

Menurutnya, akhir-akhir ini ada beberapa oknum-oknum yang mengatasnamakan pengawasan, pengamanan dan lainnya. Jadi, itu semua anggarannya bukan dari Dana Desa, karena anggaran Dana Desa telah ada aturan penggunaan anggarannya. Namun, jika memang kades mau masuk penjara, silahkan bagi-bagi uangnya.

“Yang benar saja selama ini aparat desa sibuk dengan kegiatan untuk membangun desanya, janganlah ditakut-takuti. Tapi berikan masukan yang baik agar kades dan aparatnya mampu bekerja sesuai dengan harapan pemerintah,” ungkapnya.
Salah satu pengamat pemerintah di Taput Sufartono Hutabarat mengharapkan Pemkab Taput untuk melakukan pembinaan. Jangan pula ikut-ikutan menakut-nakuti kades muapun aparat desa lain.

Ia berpesan kepada seluruh kades/aparat desa untuk senantiasa mempergunakan Dana Desa dengan mempedomani juklak dan juknis Dana Desa. Jangan sampai ada pihak-pihak yang menggerogoti, kapan lagi desa kita (Taput) bisa dibangun.

“Jangan main-main menggunakan Dana Desa. Kita masyarakat akan terus membuat laporan hingga ke Kementerian Desa di Jakarta. Disini Anda aman bermain, tapi kalau sudah KPK yang turun, maka akan masuk semuanya. Kita akan monitor setiap waktunya siapa-siapa yang mencoba menggerogoti Dana Desa,” kata Sufartono.(tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s