Daun Pinus Menguning Akibat Hama Ulat

pinusTarutung – Dinas Kehutanan melalui BPK (Balai Penelitian Kehutanan) Aek Nauli mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi melakukan penelitian atas informasi daun pohon pinus menguning akibat penyadapan pinus yang terletak di Sipoholon yang dikerjakan CV Martahan.

Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan, bukan penyadapan pinus yang membuat daun pinus menguning. Tapi karena ulat dan hama.

Koordinator BPK Dr Ahmad Dani Sunandar mengatakan, pihaknya beserta Dinas Kehutanan Taput sudah turun ke lokasi penyadapan pinus yang terletak di Sipoholon. Mereka sudah meneliti tentang daun pinus yang menguning, ternyata sesuai hasil penelitian di lapangan, daun pinus yang menguning bukan karena penyadapan getah pinus, tapi karena ada ulat penggerek dan hama.

“Kita sudah mencari tahu penyebab daun pinus menguning. Kita mendapatkan di dalam batok penyadapan pinus terdapat ulat. Ulat itu yang meyebabkan pohon tersebut menguning,” ujar Ahmad.

Ulat tersebut tidak jatuh dari pohon lain, karena hanya pohon pinus yang ada di tempat tersebut. Masalah ini juga sudah pernah terjadi di Simpangan Bolon. Beberapa pohon pinus menguning yang terserang ulat yang tidak disadap getahnya. Jadi, kesimpulannya bukan akibat penyadapan getah tapi karena ulat. Dari hama muncul penyakit dan merebak dari akar dan batang sehingga busuk maka mati.

Hama dan ulat menyerang pohon pinus yang menggangu sistemik daun. Karena serangan ulat yang bertelur yang sifatnya imigran yang memyebabkan daun menguning. “Jika memang akibat penyadapan pinus tersebut menimbulkan pohon pinus mati, Perhutani sudah tutup. Tapi sekarang masih berjalan. Kita sudah melakukan penelitian sebab pohon pinus menguning tersebut disebabkan ulat dan hama. Karena sesuai survei di lapangan, kebanyakan daun pinus menguning diakibatkan ulat dan hama.(tul)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s