Dekranasda Manfaatkan Silangit, Promosikan Kerajinan Lokal

1cDOLOKSANGGUL – Dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Humbahas membuka galeri di Bandara Silangit untuk mempromosikan produk unggulan lokal. Galeri Dekranasda Humbahas ini pun telah diresmikan pemakaiannya, Kamis (1/9) oleh pemkab setempat.

Peresmian itu dihadiri Ketua Dekranasda Humbahas Lidia Kristina Panjaitan, Wakil Ketua Dekranasda Tiur Maryati Sinaga, Ketua DWP Humbahas Betty Sidabutar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tahi Gultom, manager keuangan dan SDM PT Angkasa Pura II Silangit Sandri Andhika Lubis, perwakilan Garuda Indonesia Elenaria Tiarmauli Gultom, perwakilan Susi Air, Sriwijaya Air, Wings Air dan lainnya, termasuk para perajin dari Humbahas.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melalu Sekda Saul Situmorang mengharapkan galeri ini nantinya sebagai tempat atau wadah mempromosikan produk-produk kerajinan dan unggulan lokal daerah Humbahas.

Ia juga berharap dengan memanfaatkan galeri, tamu yang datang dan keluar dari bandara bisa memanfaatkan waktu menunggu kedatangan pesawat untuk mengenal kerajinan khas Humbahas.

“Kawasan Danau Toba sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata nasional maupun internasional. Bandara Silangit ini menjadi vital karena sangat memperlancar arus transportasi masuknnya pengunjung, baik lokal maupun mancanegara ke daerah Tapanuli. Sehingga Humbahas ikut ambil bagian dalam hal itu. Bahkan, keberadaan galeri ini bisa menjawab tantangan cepat merespon program pengembangan kawasan Danau Toba,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Saul juga mengingatkan kepada penjaga galeri agar dibekali Dinas Perindagkop dalam hal promosi produk dan potensi daerah Humbahas.

“Ingat penjaga galeri harus jujur, ramah dan menjaga kebersihan. Sehingga pengunjung akan datang kembali ke galeri ini,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Humbahas Lidia Kristina Panjaitan menjelaskan, galeri ini akan menjadi sarana mempromosikan produk daerah, baik unggulan maupun produk kerajinan masyarakat Humbahas.

“Selain itu, di sini kita juga akan mengakomodir seluruh produk kerajinan asli buatan masyarakat Humbahas. Saya berkewajiban mengangkat dan memotivoasi seluruh upaya peningkatan kualitas dan daya saing produk olahan kerajinan dari Humbahas di sini,” terangnya.

Saat ini produk lokal kerajinan masyarakat Humbahas sudah banyak diminati, diantaranya kerajinan ukiran, kerajinan tenun (ulos dan batik motif khas, sedum dan suji).

“Selain itu ada varietas unggulan, yaitu Kopi Lintong, Paranginan Coffee (parco), minyak nilam, buah salak dan olahannya, kuliner (kue bolu pelangi, bolu mitchel, kembang loyang, lemang termasuk keripik pedas). Nanti akan d pamerkan di gelari Bandara Silangit ini,” paparnya.

Untuk itu, Lidia mengajak masyarakat, khususnya para perajin agar sama-sama meningkatkan kualitas. Peresmian galeri Dekranasda Humbahas ini mendapat dukungan penuh dari pihak PT Angkasa Pura II Silangit.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Pemkab Humbahas yang sudah bergabung dan mendirikan galeri di Bandara Silangit ini. Semoga keberadaan Silangit memberi manfaat bagi Pemkab Humbahas dan masyarakat sekitar,” kata manager keuangan dan SDM PT Angkasa Pura II Silangit Sandri Andhika Lubis.(bl)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s