Jokowi: Karnaval Pesona Danau Toba Harus Dilanjutkan Tiap Tahun

z18Toba Samosir – Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba baru pertama kali digelar untuk peringatan hari kemerdekaan dan mempromosikan Danau Toba, namun mengundang puluhan ribu orang hadir. Presiden Joko Widodo meminta agar karnaval ini digelar setiap tahun.

“Karnaval pesona danau Toba ini harus dilanjutkan setiap tahunnya,” ucap Presiden Jokowi saat membuka karnaval di Soposurung, Balige, Tobasa, Minggu (21/8/2016).

Jokowi mengatakan melalui karnaval ini sangat terlihat keragamaan budaya di Sumatera Utara. Ada Batak Mandailing, Batak Karo, Simalungun, Pakpak dan lainnya. Tapi perdebaan itu yang mempersatukan masyarakat.

“Saya senang sekali sore ini semua masyarakat memakai ulos, sortali, tum-tuman. Kalau ini terus kita pelihara akan terus kelihatan identitas, karakter bangsa, identitas suku, jati diri setiap daerah yang ada dan itu yang akan mempersatukan bangsa kita,” ucap Jokowi.

Setelah memukul gondang, Jokowi selanjutnya mengikuti karnaval dengan menaiki mobil hias yang diberi ornamen toba. Jokowi tampak mengenakan ulos Ragidup Sirara dan sortali, sementara Iriana Jokowi mengenakan ulos tum-tuman. Menteri yang hadir juga mengenakan ulos.

Karnaval ini diikuti ribuan peserta dari berbagai suku di Sumatera Utara dan daerah lain yang menampilkan tarian, musik dan budaya masing-masing.

Puluhan ribu orang tumpah ruah menyambut kehadiran Jokowi yang ikut karnaval di sepanjang 3,6 Km dari Soposurung sampai Simpang Sibulele. Acara berakhir sekitar pukul 17.30 WIB.
(bal/rvk)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s