Hijaukan Danau Toba, Jokowi: Kalau Tanam 1 Juta Pohon yang Tumbuh Harus 1 Juta

z16Samosir – Usai upacara penyambutan oleh tokoh adat di Pulau Samosir, Presiden Joko Widodo dan rombongan masuk ke dalam mobil dan bergerak ke area perbukitan berjarak sekitar 2 kilometer. Di lokasi itu, Presiden menanam bibit pohon bersama masyarakat.

Area yang dituju Presiden harus ditempuh dengan jalur menanjak yang belum teraspal sepenuhnya, masih di daerah Tomok, Pulau Samosir, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016).

Begitu tiba, sudah ada seratusan siswa dari beberapa sekolah di Samosir yang sudah menunggu. Mereka sudah lebih dulu menanam pohon di area perbukitan yang gersang, namun memiliki pemandangan yang indah.
Sebuah tenda didirikan untuk Jokowi dan tamu undangan. Setelah penyambutan, Jokowi langsung menanam bibit pohon yang sudah disediakan. Begitu juga dengan Ibu Negara Iriana yang menanam bibit mangga.

Turut hadir Menteri LHK Siti Nurbaya dan jajaran, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PU Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, anggota DPR Maruarar Sirait dan anggota DPD Parlindungan Purba.

“Horas! Saya titip saja ini karena kita ingin kawasan Danau Toba hijau kembali. Sudah ditanam saya minta dirawat, diawasi agar betul-betul tumbuh. Jangan hanya tumbuh waktu kita tanam, tapi besok, minggu depan, tahun depan jadi pohon yang besar,” ucap Jokowi.

Jokowi menuturkan penanam bibit pohon ini adalah bagian dari penghijauan Danau Toba yang sedang dikembangkan sektor wisatanya. Sampai akhir Desember ada 1 juta pohon yang akan ditanam di wilayah Danau Toba.

“Kita harapkan 1 juta itu betul-betul tumbuh. Jangan hanya angkanya saja tapi yang tumbuh hanya 100 biji, ndak! 1 Juta ditanam, 1 juta tumbuh,” terang Jokowi.

Mengingat wilayah penanaman pohon di perbukitan yang tampak kering, Kementerian LHK akan menyediakan pompa-pompa untuk perawatan pengairannya.

“Sekali lagi dirawat, dipelihara sehingga pohon ini tumbuh,” tegas Jokowi.
Soal penghijauan Danau Toba ini sebelumnya turut dibahas dalam rapat Jokowi dengan pejabat terkait. Yaitu bukan hanya penanaman pohon, tapi penertiban keramba-keramba yang ada di Danau Toba. Termasuk evaluasi perusahaan kertas di sana khususnya soal truk truk yang melebihi kapasitas dan merusak jalan. Upaya lain adalah membangun Taman Bunga Nusantara di satu daerah dekat Danau Toba, bisa Tobasa atau Tapanuli Utara.
(bal/rvk)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s