Tak Sampai 20 Hari Arcandra Diberhentikan, Menteri dengan Masa Kerja Terpendek

Untuk sementara PLT Menteri ESDM, Menko Maritim Luhut Panjaitan

z2JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi memberhentikan Menteri ESDM Arcandra Tahar. Hal ini disampaikan Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin malam (15/8).

“Menanggapi pertanyaan publik status kewarganegaraan Menteri ESDM Arcandra setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber, maka Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Saudara Arcandra Tahar dari posisinya sebagai Menteri ESDM,” ujar Pratikno.

Dalam jumpa pers itu, Pratikno hanya didampingi juru bicara kepresidenan Johan Budi SP. Dia tidak memerinci lebih jauh pertimbangan-pertimbangan pemberhentian Arcandra.

Untuk sementara posisi Arcandra digantikan oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

“Menunjuk saudara Menko Kemaritiman sebagai pelaksana tugas dan penangggung jawab menteri sampai diangkatnya Menteri ESDM definitive,” pungkas Pratikno.

Arcandra Tahar dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri ESDM menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli 2016. Sampai hari ini masa kerja Archandra Tahar tak sampai 20 hari.

Perlu Investigasi Pembawa Archandra ke Presiden

Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Masinton Pasaribu mengusulkan perlu investigasi tentang siapa yang mengusulkan Archandra Tahar untuk jadi Menteri ESDM. Sebab, menurut Masinton, usulan tersebut telah membuat posisi Presiden Joko Widodo menjadi sulit.

“Soal dugaan dua kewarganegaraan Menteri ESDM ini perlu invesitigasi untuk mengetahui siapa yang mengusulkan nama tersebut ke presiden?,” kata Masinton di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (15/8).

Setelah mengetahui siapa yang mengusulkan nama tersebut lanjut Anggota Komisi III DPR RI itu, investigasi mestinya juga bisa mengungkap motif dari usulan tersebut.

“Pastikan harus ada hasil investigasi mengungkap motif yang mengusulkan ke presiden. Lalu juga ketidak-telitian Sekretariat Negara,” sarannya.

Seharusnya, ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan DKI Jakarta II ini, jika ada nama-nama menteri baru harus dicek semua.

“Kan Sekretariat Negara punya instrumen seperti BIN, Kemenlu dan Imigrasi. Apalagi Kemekumham sudah mengungkap Archandra pernah menggunakan Paspor Amerika Serikat,” pungkasnya.(flo/fas/jpnn)

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s