Besok, 239 Pesepeda dari 19 Negara Ikut Wisata ke Danau Toba

z7Medan – “Toba Grandfondo 2016” yang digelar besok, Sabtu (20/8). Sebanyak 238 pesepeda dari 19 negara akan ikut ambil bagian dalam kegiatan tour wisata tersebut. Para pesepeda tersebut akan menempuh rute Medan-Simalem Resort (Kabupaten Karo) dan akan dilanjutkan dengan rute Simalem Resort-Parapat (Simalungun).

Tour Manager Toba Grandfondo, Ricky Malaka mengatakan dua rute tersebut memiliki jarak tempuh mencapai 200 kilometer. Seluruh peserta akan melaluinya dalam dua hari berturut-turut.

“Rute pertama Medan-Simalem Resort akan dilalui besok (Sabtu, 20/8) dan keesokan harinya lanjut dengan rute Simalem Resort-Parapat,” katanya dalam keterangan pers, Jumat (19/8).

Toba Grandfondo menurut Ricky merupakan kegiatan yang mereka lakukan untuk tujuan wisata. Dimana melalui kegiatan ini mereka ingin memperkenalkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Tujuan utamanya ini adalah wisata, namun dikemas dalam bentuk wisata olah raga dalam hal ini bersepeda,” ujarnya.

Sementara itu Chief Commisiar Toba Grandfondo 2016, Puspita Mustika mengatakan meski kegiatan ini bukan sebuah balapan, namun rute yang ditempuh masuk dalam kategori tanjakan level 4 yang dikenal dengan istilah Horst Categorie (HC) dalam dunia balap sepeda. Selaku pengatur rute lintasan dan tour, ia mengatakan kecepatan para pesepeda juga akan diatur sedemikan rupa sehingga perjalanan para pesepeda akan berlangsung dengan tidak menghilangkan sisi kesenagan (fun).

“Kalau dari sisi rute, ini sudah masuk Horst Categorie (HC). Karena ini bukan ajang balapan maka kecepatan juga mungkin hanya berkisat 25 hingga 30 km/jam,” ungkapnya.

Pelepasan para pesepeda ini akan dilakukan dari depan Kantor Gubernur Sumatera Utara di Jalan Diponegoro pada pukul 07.00 WIB. Para peserta sebagian besar berasal dari Singapura, Malaysia, Australia dan juga Kanada.[rgu]

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s