Kepala Badan Otorita Danau Toba Segera Diputuskan

LuhutJAKARTA – Pertanyaan siapa yang akan menjadi pimpinan atau Ketua dari Badan Otorita Pariwisata Danau Toba akan segara terjawab. Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah kemungkinan besar memutuskan sebelum digelarnya Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.

Diketahui, jadwal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba nantinya akan berlangsung pada 20-21 Agustus mendatang. “Pak Menteri (Pariwisata) Arief akan segera memutuskan Kepala Badan Otoritanya setelah tanggal 14 Agustus,” kata Luhut, usai rapat dengan empat kementerian di bawah koordinasinya di Jakarta, Selasa (9/8) lalu.

Dikatakan Luhut, keputusan penunjukan Kepala Badan Otorita Pariwisata Danau Toba akan dilakukan sebelum Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke kawasan danau terbesar di Asia itu pada 20 Agustus mendatang.

Pemerintah juga, lanjutnya, masih akan terus melakukan kajian lingkungan dan lainnya agar menadapat kepastian bahwa destinasi wisata itu benar-benar ramah lingkungan. “Kalau tidak ramah lingkungan, orang juga tidak akan mau datang ke sana nanti,” katanya.Kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengaku bahwa Kepala Badan Otorita Pariwisata Danau Toba akan dipilih pada 16 Agustus 2016. “Nanti tanggal 16 Agustus (diputuskan),” ujarnya.

Dalam keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang sebelumnya, Rizal Ramli, diputuskan bahwa Badan Otorita Pariwisata Danau Toba akan berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang nantinya akan diaudit oleh firma akunting.

Badan otorita pariwisata akan dibentuk di 10 destinasi wisata prioritas. Selain Danau Toba, badan otorita juga akan dibentuk untuk sembilan destinasi yakni Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Bromo (Jawa Timur), Candi Borobudur, Tanjung Lesung (Banten) dan Kepulauan Seribu (DKI Jakarta). (net/bal)

Iklan

Berikan Saran dan Informasi anda di Situs Nababan ini ....terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s